Berita :: GLOBALPLANET.news

Menjelang Hari Raya Idhul Adha 1441 Hijriah / 2020, penjual hewan qurban di OKU Timur mengeluhkan sepinya pembeli. (Foto: Dadang Dinata)

28 Juli 2020 15:37:26 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Menjelang Hari Raya Idhul Adha 1441 Hijriah / 2020, penjual hewan qurban di OKU Timur mengeluhkan sepinya pembeli. Sepinya pembelian hewan qurban dampak turunnya daya beli masyarakat lantaran pandemi covid-19.

Salah satu penjual hewan kurban, Agus Nugroho (37) warga Kelurahan Vetranjaya, Kecamatan Martapura, OKU Timur pada Senin (28/07/2020) mengatakan, pembeli hewan qurban menjelang Hari Raya Idhul Adha tahun ini sepi.

"Biasanya menjelang Hari Raya Idhul Adha, saya bisa menjual sekitar 50 ekor sapi dan 50 ekor Kambing, tapi tahun ini penjualan tidak sampai 20 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang terjual,"tambahnya.

Penjualan saat ini turun sampai 60 persen, sedangkan harga sapi dan kambing masih stabil seperti biasanya."Jika Sapi harganya bervariasi mulai dari harga Rp 13 juta sampai Rp 18 juta, sedangkan harga Kambing dari Rp 1,7 sampai Rp 3,5 juta per ekor, di tahun kemarin biasanya masjid yang akan mengadakan qurban pesan empat sampai lima ekor sapi, tapi sekarang hanya satu ekor sapi,"terangnya.

Agus juga berharap semoga pejabat yang ada di OKU Timur tahun ini dapat membeli herwan qurban miliknya."Bagi pejabat pemerintah dan anggota dewan yang memiliki harta lebih, jika ingin berqurban untuk masyarakat, sekaranglah waktu yang tepat karena sekarang masyarakat banyak susah lantaran covid-19,"katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 74