Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi: Ist

28 Juli 2020 18:38:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Dalam waktu dekat tak hanya warga yang mengalami dampak Covid-19 saja yang mendapat bantuan. Tapi para UMKM dan industri kecil yang juga terkena dampak Covid-19 juga akan dibantu.

Bupati OKI, H. Iskandar, SE, mengatakan, saat ini sedang mengupdate data UKM di Kabupaten OKI, karena secara masiv dilakukan selama ini diberikan reward yang nantinya digunakan untuk  membantu para UMKM dan pedagang kecil yang berdampak. 

"Pemerintah Kabupaten OKI terus berupayah membantu setiap lapisan kalangan masyarakat yang terdampak Covid-19, dan seperti baru-baru ini akan membantu UMKM yang sekarang sedang di data," terangnya.

Adik kandung eks Menkoperekonomian ini menginginkan agar masyarakatnya dapat diberikan bantuan sebanyak-banyaknya, namun sayangnya karena anggaran terbatas nanti yang menerima sesuai kriteria yang ditentukan oleh pemerintah. 

"Kami berharap hal ini membantu memulihkan ekonomi para UMKM agar dapat kembali bangkit, karena tidak tahu kapan bencana Covid-19 ini segera berakhir, saat ini terdata ada sekitar 8 ribu UMKM di OKI. 

Dengan bantun tersebut nantinya mereka bisa kembali bergairah menjalankan usahanya yang selama ini sempat terpuruk karena dampak dari Covid-19. Berharap kedepan kondisi ini segera normal kembali semua kegiatan  bisa kembali menggeliat. 

Kepala Diskop UKM dan Perindustrian OKI, Herliansyah Hilalludin, STTP, M.Si mengatakan, pihaknya sudah menerima data dari 18 kecamatan di Kabupaten OKI, dan saat ini sedang dilakukan validasi data serta direncanakan bulan ini akan disalurkan.

“Jadi kita hanya menerima data dari pemerintah desa, artinya usulan dari pemerintah desa yang dilengkapi dengan sejumlah persyaratan seperti KTP, KK, surat keterangan usaha, buku tabungan Bank BRI,” ujarnya. 

Menurut Herly, jumlah data yang divalidasi sudah lebih dari 8.000 UMKM dan sekarang masih dalam proses. Selanjutnya data yang dinyatakan mencukupi syarat akan dimasukan dalam daftar penerima bantuan yang akan dituangkan dalam SK bupati.

“Penerima bantuan permodalan diberikan hanya satu kali kegiatan, penerimanya sesuai dalam daftar SK bupati. Untuk jumlah pastinya kita belum tahu, karena sekarang sedang dilakukan validasi,” jelasnya.

Herly menambahkan, besaran jumlah bantuan permodalan bagi UMKM ini akan diberikan dengan jumlah yang sama untuk masing-masing UMKM.

“Kalau besarannya akan kita rapatkan dulu, termasuk berapa jumlah kuotanya, disesuaikan dengan kemampuan daerah,” tukasnya tanpa mau merinci besaran anggaran yang dialokasikan.

Bagi para pemilik UMKM yang dinyatakan layak untuk menerima bantuan permodalan, selanjutnya dana akan dikirim melalui rekening BRI. Untuk penyaluran bantuan akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati OKI yang dilanjutkan dengan penyaluran kepada seluruh penerima. “Kita sengaja pilih BRI karena jangkauan lebih luas sampai di 18 kecamatan,” cetusnya.

Pemberian bantuan ini sebagai wujud perhatian Pemkab OKI bagi masyarakat yang mengalami dampak Covid-19. Jadi memang tidak semua daerah yang menyalurkan program seperti ini, dan ini adalah komitmen Bapak Bupati OKI, H. Iskandar, SE, dalam membantu pemulihan ekonomi menuju new normal.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 360