Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH, SIK, pada Rabu (29/07/2020) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di seluruh Polsek yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan (Foto: Ist)

29 Juli 2020 10:10:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Guna mengantisipasi kaburnya tahanan yang mendekam di ruang tahanan Polres dan Polsek, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH, SIK, pada Rabu (29/07/2020) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di seluruh Polsek yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Saat Inspeksi Kapolres melihat dan memeriksa seluruh bagian ruang tahanan dan berdialog dengan tahanana yang sedang menjalani proses hukum dan menyampaikan pesan-pesan agar tidak lagi melanggar hukum. Karena jika melanggar hukum tentu ada sanksi berat.

Selain itu Kapolres juga berbincang-bincang dengan perosnil yang sedang piket tahanan. Kapolres mengingatkan agar seluruh anggota yang piket untuk selalu waspada dan memeriksa ruangan tahanan serta memeriksa tahanan dan barang tahanan juga harus diperiksa langkah ini dilakukan sebagai langkah antisipasi.

Kapolres menjelaskan, Sidak dilakukan untuk mengetahui kondisi ruang tahanan dan tahanan yang sedang menjalani proses hukum serta personil yang sedang piket maupun juga. Sidak ini juga dilakukan untuk mengantisipasi kaburnya tahanan. Mengingat di daerah lain ada tahanan kabur dengan menggunakan berbagai cara.

"Kita tentunya tidak ingin peristiwa kaburnya tahanan di daerah lain terjadi di tempat kita sehingga kita lalukan langkah-langkah antisipasi,"katanya.

Erlin mengingatkan petugas untuk selalu memeriksa secara detail barang yang dibawa keluarga tahanan, ketika keluarga mengunjungi tahanan. Jika ada barang yang dinilai membahayakan sebaiknya disita dan jangan diserahkan kepda tahanan.

"Petugas jaga kita ingatkan untuk selalu waspada dan jeli periksa setiap barang yang dibawa keluarga tahanan sebelum diserahkan kepada tahanan,"tegasnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 576