loader

Pembuatan Kartu AK 1 Hingga Pembayaran Pajak Bisa Lewat Aplikasi Gojek

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Salah satunya adalah kemudahan pembuatan kartu pencari kerja (AK1)/kartu kuning kini masyarakat yang ingin mengurus kartu kuning bisa lewat aplikasi Gojek.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Walikota Palembang H Harnojoyo dengan pihak PT Aplikasi Anak Bangsa Gojek yang diwakilkan oleh Regional PPGR Sout of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi, Rabu (29/7/2020) dirumah Dinas Walikota Palembang jalan Tasik.

Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan, ada lima item yang akan dikerjasamakan dengan pihak Gojek, mulai dari revitalisasi Halte Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi, pemeliharaan Skate Park di bawah jembatan Ampera, pengantaran dokumentasi dan perizinan, pembinaan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), dan pembayaran pajak menggunakan Go Pay.

“Jadi ada beberapa dinas yang melakukan kerja sama ini, yakni Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhubungan, Disnaker, Perindustrian, Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD), Dinas Perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang,” kata Harnojoyo.

Dengan dilakukan kerja sama ini, akan lebih memudahkan masyarakat, baik dalam kepengurusan dokumen perizinan, pengantaran atau pengambilan berkas kartu pencari kerja (AK-1), dan peningkatan fasilitas umum untuk menambah kenyamanan warganya.

“Ini juga sebagai rangsangan dan contoh pihak swasta lainnya dan OPD dalam memberikan peningkatan pelayanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Palembang Yanurpan Yany mengatakan, kerjasama yang dilakukan pihak Disnaker dengan Gojek ini merupakan bagian dari pembangunan sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan.

“Intinya kita memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Palembang, seperti pembuatan Kartu AK 1, nah ini bisa dibuat dan dicetak sendiri dirumah,” katanya.

Keuntungan yang kedua, Job Fair yang selama  ini digelar satu tahun sekali dan memerlukan biaya yang cukup besar, dengan  sistem ini perusahaan perusahan  setiap saat bisa merekrut pegawai dengan  memanfaatkan sistem ini, dan Disnaker yang akan menghubungi pencari kerjanya (pencaker) tentunya pencaker yang sudah terdaftar.

“Gojek ini perannya untuk  menghantarkan berkas atau dokumen yang  dipersyaratkan dalam pengurusan. Karena bisa saja ada beberapa persyaratan yang banyak dan berukuran tebal berupa dokumen terjilid ataupun persyaratan yg mengharuskan Asli yg tdk bs dikirim secara online sebagai  verifikasi, nah disinilah fungsi Gojek,” tegasnya.

Sementara itu juga, PT.Aplikasi Anak Bangsa Gojek  Regional PPGR Sout of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi mengatakan, ada beberapa item kerja sama yang telah dilakukan kerjasama tersebut bisa direalisasikan.

“Perbaikan halte, pemeliharan skate park dan pengantaran dokumen sudah bisa dilakukan,” jelasnya. Nah, untuk menunjang sektor pendapatan UMKM Gojek memiliki strategi khusus untuk pembinaan untuk pengembangan usaha. Kita akan memberikan pelatihan dan pembinaan cara penjualan secara online,” jelasnya.

Share

Ads