Berita :: GLOBALPLANET.news

30 Juli 2020 18:40:59 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - PT Musim Mas, sebuah perusahaan sawit yang berbasis di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, terus menunjukkan kepedulian terhadap perkembangan wilayah di sekitar perkebunan sawit yang dikelolanya.

Melalui program Community Development (Comdevt), Musim Mas membantu pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) dan menyerahkan bantuan ke warga Desa Air Emas, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Kamis (30/7/2020)

Proklim diklaim selaras dengan Program Pelelawan Makmur yang merupakan salah satu program pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

Manager Humas Musim Mas, Ibrahim, menegaskan dukungan Musim Mas terhadap semua program kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan oleh Pemkab Pelelawan.

Kata dia, Proklim juga bagian dari dukungan Musim Mas Ibrahim menjelaskan, ragam bantuan dalam Proklim seperti petalatan untuk pembangunan sumur resapan atau biopori, peralatan pembuatan biogas, penyediaan bibit tanaman buah-buahan plus pupuk.

Pihkanya berharap seluruh program bantuan yang ada dalam Comdevt Musim Mas dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Penaatan dan Pemeliharaan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Pelelawan, Tohaji, menyebutkan ada sejumlah kriteria khusus dan berkelanjutan dalam melaksanakan Proklim.

Kata Tohaji, Proklim mampu meningkatkan keterlibatan atau partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan menurunkan emisi gas rumah kaca.

Kepala Desa Air Emas, Agus Pamuji, merasa bangga dengan bantuan Musim Mas dan berharap hal itu bisa berlanjut di masa depan.

Sebab, kata dia, Desa Air Emas saat ini selain menjadi selaras dengan iklim dan lingkungan, juga mampu swasembada pangan sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Kata Agus Pramuji, Desa Air Emas saat ini sedang menuju desa agrowisata dan desa pariwisata. Kata dia, saat ini Musim Mas sudah membantu pupuk, bibit tanaman, bibit buah-buahan, peralatan biopori dan peralatan biogas.

"Bagi kami, apa yang telah diberikan PT Musim Mas imerupakan salah satu kepedulian lingkungan yang sangat luar biasa," tegas Agus Pramuji.

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : M.Rohali 153