Berita :: GLOBALPLANET.news

31 Juli 2020 08:50:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Panitia lomba karya tulis ilmiah dan desain poster dengan tema "Peran dan Problematika Sawit" telah mengumumkan para pemenang lomba yang merupakan rangkaian dari Webinar Series Growth With Sawit.

Kegiatan gelaran Gapki Cabang Sumsel ini diikuti 153 peserta desain poster dan 164 peserta pada karya tulis ilmia. "Ratusan peserta ini dari 74 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, antusiasnya luar biasa," ujar Ketua Panitia, Anung Riyanta.

Mengutip pengumuman panitia, bahwa pemenang ditentukan berdasarkan penilaian berdasarkan kriteria dan bobot penilaian masing-masing karya yang telah diterima panitia.

Pemenang Karya Tulis Ilmiah

Juara I: Dea Puspha Annisa (Universitas Pendidikan Indonesia/UPI) & Eurico Pratama Rachmanto (Institut Pertanian Bogor/IPB)

Judul : Tuduhan Deforestasi untuk si Penyokong Lingkungan

Juara II: Fairuz Fawwazi & Hafizha Mawaddah (Universitas Sriwijaya/Unsri)

Judul : “Botanical Trap Limbah Nanas” Pemanfaat Sumber Daya Alam Lokal Limbah Nanas (Ananas comosus) Sebagai Inovasi Atraktan Alami Dalam Pengendalian Hama Kumbang Tanduk (Oryctes rhynocheros) di Lahan Perkebunan Kelapa Sawit.

Juara III: Andre Unedo Simamora (Universitas Sumatera Utara/USU)

Judul : Feroil Drone (Fire Fighter Oil Palm Drone): Inovasi Teknologi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Kebun Kelapa Sawit Berbasis Sensor Kamera Inframerah yang Terintegrasi Secara Real Time dengan Komputer.

Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah sebagai berikut:

1. Juara I mendapatkan uang senilai Rp5.000.000 dan piagam penghargaan dari GAPKI Cabang Sumatera Selatan.

2. Juara II mendapatkan uang senilai Rp3.000.000 dan piagam Penghargan

3. Juara III mendapatkan uang senilai Rp2.000.000, dan piagam penghargaan.

Pemenang Lomba Desain Poster

Juara I: Ali Nurhakim dengan judul poster 24 Jam Ditemani Kelapa Sawit

Juara II: Fathan Ramadhon dengan judul poster Manfaat Sawit Bagi Ekonomi

Juara III: Arjun Dwi Patlan Dimyati dengan poster berjudul Kenali! Keunggulan Kelapa Sawit untuk Program Biofuel

Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah sebagai berikut:

1. Juara I mendapatkan uang senilai Rp3.000.000 dan piagam penghargaan dari GAPKI Cabang Sumatera Selatan.

2. Juara II mendapatkan uang senilai Rp2.000.000 dan piagam penghargaan

3. Juara III mendapatkan uang senilai Rp1.000.000 dan piagam penghargaan dari GAPKI Cabang Sumatera Selatan.

Secara resmi para pemenang ini telah diumumkan sesuai jadwal pada Selasa 28 Juli 2020 dalam surat panitia yang ditandatangani Ketua Panitia Anung Riyanta dan Ketua GAPKI cabang Sumsel Alex Sugiarto.

Edukasi dan Menumbuhkan Kreativitas Kreativitas

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Sumsel menggelar lomba desain poster dan karya ilmiah serta webinar yang melibatkan mahasiswa perwakilan perguruan tinggi seluruh Indonesia. Ketua Gapki Cabang Sumsel Alex Sugiarto mengungkapkan, Gapki Sumsel merasa terpanggil untuk ikut mendorong program-program kampanye positif dan memberikan edukasi serta menumbuhkan kreativitas dan wawasan masyarakat khususnya mahasiswa sebagai generasi milenial yang merupakan bagian dari bonus demografi Indonesia di masa depan.

"Minimnya informasi dan wawasan yang diperoleh masyarakat menjadikan industri kelapa sawit sebagai sasaran empuk kampanye negatif," ujarnya.

Mahasiswa dan dunia kampus merupakan komunitas yg memiliki intelektual dan pola pikir yang kritis, sehingga merupakan segmen yang sangat cocok sebagai peserta lomba desain poster dan karya tulis artikel ilmiah kelapa sawit ini. Tujuan diadakan lomba ini untuk terus berusaha menjaga komunikasi yang positif, berimbang dan edukasi kepada masyarakat khususnya mahasiswa sebagai generasi milenial, sesuai pepatah, 'Tak kenal maka tak sayang'.

“Harapannya semoga dengan diadakannya lomba ini dapat menumbuhkan generasi melek dan cinta sawit, sehingga membuka pintu ide, inovasi dan kreatifitas guna pengembangan industri kelapa sawit yang semakin maju dan kokoh menopang perekonomian Indonesia,” harapnya.

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 282