loader

Wong Kito Shalat Idul Adha, Begini Suasananya

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Seperti terpantau di Masjid Faturahman di Jalan Jepang Palembang. Jamaah memenuhi ruangan utama hingga halaman samping kirin dan kanan masjid. Terlihat meluber karena ketegasan dari pengurus masjid yang mengharuskan menjaga jarak. Di dalam ruangan dibatasi karena menyesuaian jarak, sehingga jamaah seakan meluber ke halaman.

Pelaksanaan sholat sendiri berlangsung tertib walaupun tanpa pengawasan atau penjagaan dari aparat atau pihak terkait untuk mengawasi protokol kesehatan, namun seluruh jamaah tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Begitu saat keluar masjid, jamaah wanita didahulukan untuk mencegah kepadatan.

Sementara untuk kurban, pemotongan akan dilaksanakan pada Sabtu (1/8/2020). “Tahun ini ada delapan sapi, satu kerbau dan beberapa kambing. Ini biasanya akan bertambah, untuk penerima sudah ditentukan berdasarkan kriteria dan data yang dimiliki dari seluruh RT sekitar,” ujar H Zuber, pengurus masjid Faturahman dalam laporan sebelum shalat Idul Adha, Jumat (31/7/2020).

Suasana serupa juga terpantau di Masjid Nurul Yakin Bentung Indah Palembang. Jaja jarak dan keharusan membawa sadajah masing – masing diterapkan. Menurut warga sekitar, tidak semua warga shalad id, karena masih ada kekhawatiran termasuk membatasi kepadatan di masjid. “Kalau pemotongan hewan kurban Sabtu (1/8) besok,” ujar Agus, warga sekitar.

Share

Ads