Berita :: GLOBALPLANET.news

Wali kota Palembang H Harnojoyo menyumbangkan sapi Limosin di Masjid Agung. (Foto: Ist)

31 Juli 2020 18:51:02 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wali Kota Palembang H Harnojoyo bersama jajarannya melaksanakan Salat Idul Adha 1441 Hijriyah di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo (Masjid Agung) Palembang. Di sana pula ia menyerahkan Sapi Limosin sebagai hewan kurbannya, Jumat (31/7/2020).

Salat Idul Adha yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat pencegahan Covid-19. Salat Idul Adha tidak terlalu ramai seperti tahun sebelumnya yang tumpah ruah di jalanan. Hanya barisan jamaah perempuan yang penuh hingga ke beranda luar.  

Jamaah sebelum masuk masjid, terlebih dahulu harus mencuci tangan dan berwudhu. Juga pemeriksaan suhu tubuh jamaah dilakukan dengan alat thermogun. "Alhamdulilah warga Palembang sadar akan protokol kesehatan, bermasker dan membawah sajadah sendiri dari rumah,” katanya.

Ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan salat Idul Adha di tengah Pandemi Covid -19 ini, warga diminta tetap menjaga protokol kesehatan

"Namun demikian pelaksanaannya tentu tidak mengurangi hikmah sakat Idul Adha yaitu untuk mengingatkan kita bahwa keluarga atau umat muslim lainnya yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah," ujarnya.

Harnojoyo berpesan, saat penyembelihan hewan kurban agar tetap menjaga kebersihan dan kurangi pengunaan kantong plastik dan lebih banyak mengunakan bahan alami, seperti daun pisang. "Begitu juga peralatan pemotongan kurban sesudah maupun sebelum menggunakan alatnya disemprotkan oleh desinfeksi untuk menjaga kebersihannya," tutupnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 182