Berita :: GLOBALPLANET.news

Kalapas Kelas IIA Lahat Maliki. (Ist)

10 Agustus 2020 20:12:28 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Warga Binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Lahat, baik berstatus tahanan maupun narapidana mendapat layanan bantuan hukum gratis. Batuan hukum gratis itu, dikhusus untuk tahanan tidak mampu atau miskin.

Kalapas Kelas II A Lahat, Maliki, mengatakan, bantuan hukum gratis terwujud setelah pihaknya bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum Lahat.

"Jadi bila ada tahanan yang belum memiliki pengacara saat persidangan, kita siap memberikan layanan tersebut," ungkapnya. Senin (10/8/2020)

Lebih lanjut Maliki menuturkan, bantuan hukum gratis tersebut diberikan bagi warga binaan yang tengah dalam proses perisdangan tingkat pertama, banding, maupun kasasi.

"Sudah ada beberapa tahana yang ikut dalam layanan ini," ucapnya. Seraya menambahkan, hingga saat ini jumlah warga binaan di Lapas Kelas II A Lahat, berjumlah 377. Dengan jumlah tahanan sebanyak 37 orang.

Ketua LBH Lahat, Bakrun SH menegaskan bahwa pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin dan profesional dalam menangangi perkara warga binaan walaupun gratis. 

"Jadi bagi warga binaan terutama yang tidak mampu, jangan takut bila memerlukan pengacara. Karena kita akan memberikan bantuan hukum secara gratis," tandas dia.

Reporter : Ferry Andhika Editor : amarullah 105