loader

Launching Buku Suara Millenial, Ini Tantangan KNPI PALI Selanjutnya

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Bertempat di sanggar lapangan kebun buah Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang Ubi, dalam peresmian buku tersebut juga dihadiri oleh pengisi buku tersebut, yang tidak lain merukapakn siswa SMA N 2 Unggulan talang ubi yang mayoritas tergabung dalam ekstrakulikuler karya ilmiah.

Buku Suara Millenial ini berisikan tentang karya tulis berbentuk Cerita Pendek (Cerpen) dari pengalaman ataupun yang kejadian yang dilihat maupun dialami oleh 57 Siswa yang tercatat sebagai pengisi buku tersebut.

"Mulanya saya melihat kegiatan anak-anak pelajar SMA N 2 Unggulan Talang ubi ini mengikuti kegiatan ekstra di sekolah yang dinamakan Karya ilmiah. Dari sana saya tantang mereka (Siswa, red) untuk membuat suatu karya ilmiah berupa tulisan, untuk di satukan menjadi sebuah buku," jelas Ketua KNPI PALI M Anasrul DN SPd I, dihadapan tamu undangan dalam kegiatan tersebut, Rabu (12/8/2020).

Lebih lanjut, dijelaskan pria yang kerap disapa bung Anas ini, buku Suara Millenial ini merupakan terbitan pertama.

"Untuk kedepannya akan kita terbitkan setiap tahun, edisi perdana ini digagas karena memang bermula dari SMA N Unggulan, kedepan kita akan adakan setiap SMA sederajat yang ada di Kabupaten PALI," imbuhnya.

Selain itu, saat ini KNPI juga mengadakan sayembara untuk tingkat SMA Sederajat di PALI menulis tentang pembangun yang dirasakan masyarakat setelah terbentuknya PALI dan tulisan tentang jika sang penulis menjadi pemimpin daerah.

"Kita mencari satu tulisan untuk di muat di majalah Gelora Pemuda edisi kedua pada November 2020 mendatang, nanti tulisan terbaik akan kita beri reword berupa uang binaan sebesar satu juta rupiah. Ada dua tema, yakni Jika aku menjadi kepala daerah dan tentang pembangunan yang dirasakan masyarakat sejak menjadi Kabupaten PALI, nanti bisa menghubungi DPD KNPI langsung untuk pelajar yang ingin ikut," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati PALI, IR H Heri Amalindo MM, dangat mengapresiasi karya tulisan dari sejumlah pelajar SMA itu, hingga dapat terbit dan di launchingnya buku Suara Millenial tersebut.

"Seorang yang menulis maka dia akan membaca, membaca adalah jendela dunia, jadi banyak manfaat dari kegiatan menulis. Terutama bagi pelajar ditengah kondisi pandemi seperti ini, salahsatu aktifitas yang besar manfaatnya untuk dilakukan saat belajar dirumah," beber bupati.

Sementara, Kepala SMA N 2 Unggulan Talang Ubi, Irwansya SPd MSi, sangat berterimakasih atas dukungan bupati PALI dan KNPI Kabupaten PALI hingga dapat di launchingnya buku Suara Millenial yang di tulis oleh anak didiknya.

"Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati PALI yang selalu memperhatikan dan mendukung untuk kemajuan dunia pendidikan di kabupaten PALI, dan kepada KNPI PALI yang telah menerbitkan buku Suara Millenial ini, dimana pelajar dapat menyampaikan suaranya dalam bentuk tulisan dan di tampung untuk dipublik," pungkasnya.

Share

Ads