Berita :: GLOBALPLANET.news

Musyawarah yang digelar di Masjid Nurul Hudah Desa Tanjung Alai, Rabu (12/8/2020), dihadiri oleh Unsur Tripika Kecamatan SP Padang, Kepala Puskesmas Awal Terusan, tokoh masyarakat, BPD, Kadus, RT dan perangkat desa lainnya. (Foto: Eko Saputra)

13 Agustus 2020 07:56:56 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Alai, Kecamatan SP Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melakukan Musyawarah Desa (Musdes) untuk merencanakan pembangunan di tahun anggaran 2021 mendatang.

Musyawarah yang dihadiri oleh Unsur Tripika Kecamatan SP Padang, Kepala Puskesmas Awal Terusan, tokoh masyarakat, BPD, Kadus, RT dan perangkat desa lainnya ini, digelar di Masjid Nurul Hudah Desa Tanjung Alai,  Rabu (12/8/2020).

Dalam arahannya, Camat SP Padang, Syawal Arahap, S.Sos, mengatakan, kegiatan musyawarah rencana pembangunan desa ini diatur oleh Permendagri nomor 114, dengan menyusun rencana pembangunan desa, membentuk tim penyusun RKP desa, pencermatan pagu indikatif desa, penyelarasan program masuk ke desa, mencermati ulang RPJMDes dan penyusunan rancangan RKP.

"Kegiatan musyawarah rencana pembangunan desa ini menentukan arah kebijakan pembangunan yang ada di desa, dengane penyusunan RKP Desa melalui musrenbangdes, Penetapan RKP desa Perubahan RKP Desa, Pengajuan daftar usulan RKP Desa (DURKP), Membentuk tim delegasi Musrenbang kecamatan," ujarnya sembari mengatakan RKP desa ditetapkan paling lambat akhir bulan September tahun berjalan.

Ia juga menjelaskan, bahwa adapun gambaran penggunaan dana desa tahun 2021 yakni, memperkuat kesinambungan program padat karya tunai (PKT) desa, meningkatkan usaha kecil dan menengah (UKM) desa, meningkatkan produktivitas dan transformasi ekonomi desa melalui desa digital, melanjutkan pengembangan potensi dan produk unggulan desa termasuk desa wisata, memperkuat usaha pengembangan pertanian, Peternakan, perikanan, untuk mendukung ketahanan pangan nasional, pengembangan desa digital, peningkatan insfrastruktur dan konektivitas desa, lalu mendukung perbaikan fasilitas puskesmas dan polindes, pencegahan penyakit menular dan penurunan stunting di desa.

Sementara itu, Kades Tanjung Alai, Kasmir Martadinata ketika diwawancara GLOBALPLANET usai menggelar musyawarah desa mengatakan, dirinya akan semaksimal mungkin menggunakan dana desa untuk memenuhi usulan warga disetiap Dusun dan RT yang ada di desa, yang tentunya tidak mengkesampingkan aturan dari pemerintah.

Sedangkan untuk program kesehatan di desa telah lama kita lakukan, salah satunya yakni menambah dana insentif untuk kader posyandu, tujuannya agar mereka dapat bekerja secara maksimal. Lalu kemudian untuk usulan pembentukan kader Jumantik dan Jumantok disetiap RT yang ada di desa akan kami bahas kembali dengan RT, karena saya menilai usulan pembentukan kader yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Awal Terusan ini tujuannya sangat bagus bagi masyarakat Desa Tanjung Alai dalam bidang kesehatan," ungkapnya. 

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 195