loader

Pakai Zakat ASN Muba, Baznas Kembali Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Ketua Baznas Muba, Lukman Nulhakim, mengatakan, hingga saat ini bedah rumah yang dilakukan pihaknya telah mencapai 54 rumah di seluruh Kabupaten Muba. Sedangkan untuk Kecamatan Jirak Jaya merupakan bedah rumah yang kedua.

"Ini bedah rumah kita yang ke 54, kedepan akan ada lagi rumah yang akan dibedah. Hari ini, kita lakukan bedah rumah milik Ibu Sarmina," ujar dia saat memberikan kata sambutan dalam acara bantuan bedah rumah Pemkab Muba melalui Baznas Muba, Jumat (14/8/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, program bedah rumah ini anggarannya berasal dari zakat seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). "April 2019 lalu sudah disahkannya Perda No 1 tentang Pengelolaan Zakat Muba. Dalam Perda itu, mengatur seluruh ASN membayar zakat dan infaqnya melalui Baznas. Program bedah rumah ini, dibangun atas dana zakat seluruh ASN," beber dia.

Sekretaris Daerah Muba, Apriyadi, mengatakan, bedah rumah berasal dari zakat seluruh ASN Muba yang setiap bulannya menzakatkan gaji sebesar 2,5 persen. "Dana yang terkumpul di Baznas dari zakat ASN Muba setiap bulannya sekitar Rp800 juta. Uang zakat itu harus disalurkan, salah satunya dengan program bedah rumah," jelas dia.

Bagi penerima program bedah rumah, sambung dia, harus bersyukur dengan apa yang didapat. Dimana untuk menjadi penerima harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

"Penerima harus bersyukur. Ini telebih dahulu diusulkan oleh Kades ke Camat, lalu diperiksa dan memenuhi syarat, maka dapat langsung dibangun. Tugas kita memang harus memperhatikan masyarakat," terang dia.

Sementara, penerima bantuan program bedah rumah, Sarmina, menuturkan, dirinya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkab Muba melalui Baznas Muba. "Saya tinggal sendirian, tidak mempunyai pekerjaan tetap. Saya sangat berterima kasih atas bantuannya," kata dia.

Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra, menambahkan, selain bedah rumah dari Baznas Muba, di Kecamatan Jirak Jaya juga dilakukan bedah rumah dari anggara dana desa (ADD). "Ya, selain dari Baznas, tahun ini 104 rumah bakal dibedah menggunakan ADD," tandas dia.

Share

Ads