loader

Sungai Muare Empat Lawang Destinasi Wisata Murah untuk Keluarga

Foto

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Akhirnya warga berinisiatif untuk mengelola lokasi pemandian Sungai Muare di Desanya sebagai lokasi pemandian sekaligus wisata keluarga.

Dengan fasilitas yang mereka hadirkan di sekitar sungai, sebelumnya tempat tersebut hanya sebagai pemandian biasa kini disulap menjadi tempat wisata yang sejuk dengan aliran sungai yang jernih.

Saat ini Sungai Muare kembali mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat Tebing Tinggi, tidak hanya untuk mandi mereka juga menyempatkan untuk berfoto selfi sambil melihat aliran Sungai Muare.

Pengelolah Sungai Muare, Erwin, Lusi dan Mulyadi memberikan tambahan seperti mengecat, menyiapkan tempat duduk, membuat spot foto, dan lokasi karaoke terbuka, di lokasi tanah seluas satu hektar di pingir aliaran Sungai Muare.

Darisini mereka bisa mendapatkan tambahan penghasilan, dari parkir kendaraan pengunjung. Dalam sehari jika sedang ramai, pengunjung bisa mencapai ratusan orang dari siang hingga sore hari.

“Banyaknya jumlah pengunjung setiap hari tidak tentu, kadang hari biasa sekitar 100 orang, kalau dihari libur bisa sampai 300 orang lebih," kata Erwin didampingi dua orang rekannya, Kamis (14/8/2020)

Pengelola mengatakan, karena mereka harus bertanggung jawab dengan keamanan pengunjung, menjaga kebersihan lokasi wisata Sungai Muare, sebaliknya pengunjung juga merasa tenang ketika mandi di Sungai Muare dan kendaraan mereka terjaga

Tidak ada biaya masuk bagi pengunjung ke lokasi Sungai Muare ini. Cukup membayar parkir satu buah motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000 itupun dibayar setelah pengunjung pulang dan ini dirasa tidak memberatkan

Salah seorang warga, Rian Sepriansyah, mengaku, sering berkunjung ke lokasi pemandian Sungai Muare, karena dari dulu memang sudah sering dikunjungi karena kejernihan mata air Sungai Seguring yang mengalir di kawasan Muare, karena lokasinya masih asri dan sungainya yang jernih tempatnya sejuk.

“Tempatnya asri, sejuk, sungainya jernih enak kumpul sama teman,” kata Rian yang saat itu datang bersama temannya.

Ditambah dengan dikelolah oleh masyarakat setempat menjadikan lokasi sungai pemandian ini menjadi lebih bagus. Warga lainnya, Herleny, gadis asal Lorong Pompa Tebing Tinggi ini mengatakan Sungai Muare menurutnya tempatnya aman dan aliran sungai dengan bebatuan dan air yang jernih

Sementara itu, pengamatan dilokasi, tidak hanya para remaja saja datang dan mandi di sungai ini, bahkan di musim kemarau saat ini warga berdatangan dari desa lain di Kecamatan Tebing Tinggi untuk mandi di Sungai Muare ada yang untuk mandi dan cuci ada juga hanya tujuan melepas penat

Pada hari libur biasanya lebih ramai pengunjung, mulai dari anak- anak, Orangtua hingga remaja, bahkan mereka satu keluarga berkunjung dan membawa bekal, makan bersama disini, mandi, di bawah pohon sambil melihat aliran sungai Muare yang jernih, bahkan kendaraan merekapun sebelum pulang tidak lupa mereka mandikan di sungai ini.

Share

Ads