loader

Usst.. Sedikitnya 11 Menteri Jokowi Bakal Diganti

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET. - "Dari info yang diperoleh IPW, sedikitya ada 11 menteri Jokowi yang akan di-reshuffle dan paling banyak 18," kata Neta dikutip globalplanet dari JPNN, Kamis (20/8).

Neta menyebut nama-nama menteri yang menurutnya masuk daftar bakal terkena reshuffle. Yakni Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum dan HAM) Yasonna Hamonangan Laoly. Kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Selanjutnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara. Berikutnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Persero Komjen (Purn) Budi Waseso, dan lain-lain.

"PDIP disebut-sebut akan mendapat tambahan jatah menteri. Bersamaan dengan itu Panglima TNI yang baru akan dilengkapi dengan jabatan Wakil Panglima TNI," ungkap Neta. Ia menambahkan, dalam reshuffle kali ini, sepertinya Presiden Jokowi kecewa dengan anak-anak milenial yang dimasukkannya dalam kabinet. "Sehingga reshuffle ini sekaligus akan mengevaluasi kinerja mereka," tegasnya.

Neta mengatakan, masa penanganan pandemi Covid-19 akan dijadikan momentum bagi Jokowi untuk mengevaluasi semua kinerja jajaran pemerintahannya. "Sehingga diharapkan setelah Desember 2020 hingga ke depan, kinerja pemerintah Jokowi jauh lebih baik lagi dalam menata perekonomian maupun keamanan bangsa Indonesia," kata Neta.

Sebelumnya Neta menyatakan bahwa rotasi dan pergantian Kabinet Indonesia Maju sepertinya akan dilakukan Presiden Jokowi setelah pergantian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Sementara, lanjut dia, pergantian Kapolri Jenderal Idham Azis akan dilakukan sesuai usia pensiun Idham, yakni awal Januari 2021.

"Demikian informasi yang diperoleh IPW dari berbagai sumber. Sedikitnya ada 11 hingga 18 anggota kabinet yang akan bergeser dan berganti," kata Neta. Yang menjadi pertanyaan menjelang reshuffle kabinet, kata Neta, ada apa dengan Program Cadangan Ketahanan Pangan yang dipercayakan Presiden Jokowi kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto? "Apakah ini pertanda pada reshuffle ini Prabowo akan digeser menjadi Menteri Pertanian?" katanya. Sebab, Neta menjelaskan, berkaitan dengan rencana reshuffle itu beredar kabar bahwa setelah digantikan Jenderal Andhika Prakasa, Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan menjadi Menteri. "Meski ada pula yang menyebutkan yang bersangkutan akan menjadi Menteri Perhubungan," papar Neta.

Dia menjelaskan, semula, setelah tidak lagi menjadi Panglima TNI, Hadi Tjahjanto akan dijadikan Dubes RI di Prancis. "Namun, Jokowi tetap memintanya di tanah air untuk masuk ke kabinet," jelas Neta, tanpa menyebutkan siapa sumber yang memberikan informasi seperti itu. Menurutnya, nama-nama baru akan masuk ke kabinet hasil reshuffle.

Dia menyebut, Ketua Umum Partai Demokrat, yang juga putra Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan mantan cawapres pendamping Prabowo, Sandiaga Uno, dan lain-lain. "Jumlah menteri dari anggota Polri diperkirakan juga akan bertambah dalam kabinet hasil reshuffle ini," kata dia.

Share

Ads