loader

Menuju Kabupaten Sehat, BHL Eksekusi "Bong"

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Hal ini dilaksanakan sebagai target memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupate (Pemkab) Muba bebas buang air besar sembarangan.

Camat Batanghari Leko, Tazarni Haitami SSTP mengatakan, kegiatan ini sudah barang tentu sesuai dengan arahan dan inisiasi dari Ketua Forum Kabupaten Musi Banyuasin Sehat, Hj Thia Yufada Dodi Reza.

"Ini sebagai bentuk dukungan penuh apa yang diinisiasi oleh Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza Alex Noerdin, menjadi Kabupaten Kota Sehat tanpa buang air besar sembarangan dipinggir sungai," kata Camat.

Oleh karena itu, pihak pemerintah kecamatan bersama dengan Puskesmas Tanah Abang, melakukan sosialisasi dahulu maksud dan tujuan eksekusi "Bong" atau WC apung di pinggir sungai.

masyarakat menjadi paham dan bisa meningkatkan pola hidup bersih dan sehat sesuai tatanan yang telah ditetapkan untuk menjadi Kabupaten Kota Sehat, nah setelah itu barulah kita eksekusi," tukasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan BHL, Ny Lili Pariati, S.Psi, nengatakan seluruh ibu-ibu TP PKK, memberikan dukungan penuh dengan cara mensosialisasikan dan pembinaan ke desa-desa, terkait dengan penerapan PHBS kepada ibu2 kades PKK desa dan masyarakat.

“Kemudian pada kesempatan itu juga TP PKK BHL bekerja sama dengan Puskesmas Tanah Abang mengelar IVA test bagi ibu-ibu kader PKK dan masyarakat untuk mencegah dan deteksi dini kanker serviks. Dalam kegiatan ini, tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan pada masa pandemi covid 19 ini,” tukasnya

Sementara Kades Tanah Abang, Umri mengutarakan, adanya eksekusi Bong pinggir bantaran sungai, tentu saja mendukung, apalagi untuk menuju Kabupaten Kota Sehat. "Memang tidak mudah hal itu dilakukan, karena harus sosialisasi dulu, meski demikian tetap dilakukan sehingga kabupaten kota sehat bisa tercapai target," tegasnya

Terpisah Ketua Forum Kabupaten Muba Sehat, Hj Thia Yufada Dodi Reza menyampampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kecamatan BHL yang juga merespon langsung turun ke masyarakat untuk mensukseskan Kabupaten Musi Banyuasin bebas buang air besar tahun 2021.

"Taget kita kedepan warga di Kab Muba semuanya dapat merapkan ODF, minimal targetnya 90 persen di tahun 2021, saya berharap kecamatan lain juga ikut menggalakkan ke lapisan masyarakat bawah terkait ini," terangnya

Share

Ads