loader

Deteksi Dini Kanker Serviks, Sosialisasi Manfaat Test IVA

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - Tes IVA (Inspeksi Visial Asam Asetat), merupakan bentuk deteksi dini kanker serviks dan hanya bisa dilakukan dokter kandungan atau tenaga kesehatan lain yang kompeten agar penegakan diagnosisnya tidak keliru.

Ketua TP PKK Kecamatan LAwang Wetan, Rusmida, mengatakan, peserta sosialisasi dapat mengambil Manfaat dari acara tersebut, dengan memperhatikan materi dari narasumber.

“Sehingga dapat mengerti, memahami dan menyadari betapa bermanfaatnya mengikuti test IVA dalam rangka deteksi dini cancer servik. Kegiatan ini juga mendukung program PKK Kabupaten dan Pemda Muba telah menggratiskan kegiatan test IVA ini di Pasyankes pasyankes di Muba,” imbuhnya

Sementara, Dr. Claudia dari Puskesmas Ulak Paceh, mengatakan, manfaat test IVA adalah sebagai deteksi dini kanker serviks. Selain itu bisa mengurangi angka mortalitas, dan Test IVA ini dapat dilakukan di Puskesmas Ulak Paceh dengan mengikuti jadwal yang telah disepakati antara PKK desa dan Puskesmas. 

“Kenapa test Iva selalu disosialisasikan ditengah masyarakat, terutama di kalangan ibu-ibu, karena memang tidak memerlukan pemeriksaan laboratorium, jadi hasilnya cepat diketahui,” tukasnya 

 

Share

Ads