loader

Ekonomi Umat di Era New Normal Butuh Sinergi Pemerintah-Swasta

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketua Lazisnu Sumsel, Anwar Sadat mengatakan untuk membangun sinergi tersebut pihaknya mempertemukan tiga Kepala Daerah, puluhan pelaku usaha dan tokoh pemuda dalam Seminar dan Lokakarya (Semiloka) soal Kemajuan Ekonomi Umat di Era New Normal, di Hotel Premiere Santika, Selasa (15/9/2020).

"Seperti yang kita tahu, wabah ini sangat mengganggu siklus ekonomi masyarakat kita bahkan hingga saat ini belum ada tanda-tanda pandemi ini akan berakhir. Saya kira forum ini perlu kami buat, untuk menampung apa saja gagasan dari para tokoh dan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya," jelas dia.

Keadaan sulit akibat berbagai persoalan tersebut harus dicarikan jembatan solusinya hingga menormalkan kembali siklus sosial masyarakat serta permasalahan yang menghimpit beban sosial ekonomi umat.

Langkah yang sudah diambil Pemerintah adalah, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui beberapa kementerian, seperti melalui Kemeterian Koperasi dan UKM, dengan sasaran untuk mendukung dan mendayagunakan sektor UMKM

Oleh sebab itu menurutnya, saat ini pemerintah telah membuka kembali kran aktivitas masyarakat melalui adaptasi kebiasaan baru atau 'new normal' dimana masyarakat dapat kembali beraktivitas dan berkreativitas meski dengan tetap memperhatikan anjuran protokol kesehatan.

"Untuk itu kiranya perlu strategi dan intervensi secara kolektif oleh seluruh pemangku kepentingan (stake holder) di daerah guna menjawab tantangan yang terjadi saat ini guna memulihkan kembali kehidupan sosial dan ekonomi umat dari beragam isu dan situasi kemiskinan," ujar Anwar

Dalam Semiloka tersebut, tiga bupati yang tampil dalam forum itu yakni Bupati Musi Banyuasin, Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ, Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar SE, dan Bupati Pali, Heri Amalindo. Kemudian dari sektor pengusaha, dari Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sumsel, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumsel, praktisi dan pemerhati isu sosial perkebunan, dan pengurus pusat Lazisnu.

Share

Ads