Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin didampingi Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya dan Sekda Muba Apriyadi saat menyerahkan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada pelaku usaha kepariwisataan di Muba. (Foto: Amarullah Diansyah)

16 September 2020 12:08:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Bantuan dampak COVID - 19 terus disalurkan bagi maskarakat Kabupaten Musi Banyuasin. Kali ini, bantuan diberikan pada pelaku usaha kepariwisataan.

Bantuan berupa sembako itu berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diserahkan langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Rabu (16/9/2020).

Bantuan sebanyak 1.179 paket itu terdiri dari, 195 paket untuk hotel, 203 paket untuk destinasi wisata, 319 paket untuk rumah makan, dan 462 paket untuk UMKM.

"Ada optimisme yang harus kita jaga. Betapa banyak bantuan yang diberikan, walaupun belum dapat membantu secara keseluruhan karena dampak ekonomi akibat pandemi COVID - 19," ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.

Lebih lanjut, sambung dia, pihaknya sedapat mungkin memberikan bantuan kepada masyarakat, sesuai dengan kemampuan daerah. "Ada bantuan pusat namun tidak mencukupi. Kita sisipkan Rp 303 miliar lebih dari APBD Kabupaten Muba untuk menambal kemampuan bantuan dari pusat," kata dia.

"Kita lakukan ini karena saya percaya masyarakat sudah sangat terbebani.

Pembangunan bisa ditunda, tapi perut atau kebutuhan masyatakat tidak dapat menunggu terlalu lama," sambung orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Muba, M Fariz, menambahkan, bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang disalurkan saat ini merupakan tahap kedua.

Dimana pada tahap pertama bantuan yang disalurkan sebanyak 248 paket untuk pelaku kepariwisataan di Muba. "Untuk tahap kedua yang disalurkan hari ini sebanyak 1.179 paket sembako. Penerima ini yang terdampak terhadap pedagang dan pelaku usaha ekonomi kreatif," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 211