Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Istimewa)

22 September 2020 07:07:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - PT Bukit Asam Tbk, BMUN tambang yang berpusat di Tanjung Enim, Muara Enim Sumsel mengucurkan Rp128 miliar dana CSR untuk pembangunan convention hall yang besar dan megah. Namun oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, ratusan miliar dana tersebut dibelokkan melalui proyek di sepuluh kabupaten dan kota.

"Awalnya untuk membangun convention hall yang besar dan megah. Tapi Saya berpikir kita belum terlalu butuh dan masih ada alternatifnya. Sementara di daerah-daerah baru, untuk membangun GOR pasti kesulitan karena APBD terbatas. Makanya Saya berinisiasi biarlah uang ini dibangunkan GOR saja untuk beberapa daerah. Saya ingin pemerataan," ujar Deru usai Penyerahan Bantuan CSR PT. Bukit Asam Tbk kepada Pemerintah  Provinsi Sumsel di Griya Agung, Senin (21/09/20).

Selain meratakan pembangunan, pola ini untuk membantu kabupaten dan kota yang memiliki keterbatasan anggaran sehingga mendahulukan program prioritas.

"Atas dasar itulah bantuan CSR PTBA untuk membantu daerah membangun fasilitas untuk warga Sumsel. Hal ini disempurnakan dengan program bantuan sejuta bola untuk melahirkan bibit-bibit baru pesepakbola asal Sumsel," katanya.

Sementara itu, Senior Manager PTBA Tbk, Zulfikar mengatakan, bantuan CSR yang mereka berikan ini adalah CSR yang sudah dikunpulkan PTBA selama empat tahun. 

"Tadinya mau bangun convention hall, tapi beliau tidak setuju dan ingin ini dibagikan saja ke kabupaten/kota. Dan sekarang PTBA juga ikut bangga karena ikut membangun Sumsel. Karena selama ini walaupun kami putra daerah belum tentu bisa membangun daerah. Kami bersyukur sekali dana ini dibagikan untuk kemajuan bersama," ujarnya. Pembangunan GOR di kabupaten dan kota ini direncanakan selesai dalam delapan bulan kedepan. 

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 254