loader

Bawaslu OKU Timur Ingatkan Peserta Pilkada Dan Pendukung Taat Prokes

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Rakor melibatkan parpol pengusung pasangan Bakal Calon dan perwakilan pasangan perserorangan maupun indenpendent.

Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron, SE, mengatakan, tetap harus mengutamakan protokol kesehatan (Prokes)  Rakor ini sebagai pemantapan dan langkah antisipasi. Selain rakor, juga akan ada penandanganan kesempatan maupun kesepahaman Pilkada damai.

"Kita harapkan dengan diselenggarakannya Rakor ini akan membuat pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di OKU Timur bisa berjalan dengan lancar dan sukses,"tambahnya.

Komisioner Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu OKU Timur, Beni Tenagus, SKM,  menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan pada tahap penetapan daj pengundian nomor urut pasangan calon. Kepada KPU untuk memastikan seluruh persyaratan bakal calon telah terpenuhi  sesuai dengan perundang-undangan sebelum melakukan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon.

Bersama-sama melaksanakan protokol kesehatan dan pedoman pembatasan sosial besekala besar selama melaksanakan  rangkaian kegiatan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon.

" Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan penetapan pasangan calon pengundian nomor urut pasangan calon, agar memperhatikan pembatasan jumlah orang yang ikut serta dalam ruangan dan pembatasan sosial berskala besar untuk di luar ruangan sesuai  dengan ketentuan perundang-undangan," imbuhnya.

Kepada bakal pasangan calon tidak melibatkan pihak-pihak yang dilarang dalam rangkaian kegiatan penetapan pasangan  calon dan pengundian nomor urut  pasangan calon diantaranya ASN, TNI/Polri dan tidak menggunakan fasilitas negara. Bersama-sama menjamin kondusifitas keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan kegiatan penetapan pasangan calon dan pengundian nonor urut pasangan calon. Pasangan calon agar mematuhi dan tidak melanggar aturan penerapan protokol kesehatan serta tidak melibatkan  massa pada saat kegiatan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada di tempat kita berjalan lancar dan tanpa adanya sengketa,"terangnya 

Sememtara Assisten I Setda OKU Timur, Yuli Akman, SH, MM, menambahkan, dalam sosialisasi menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 2020  terus dilakukan untuk suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini. Dari berita di media masa sudah banyak pelanggaran protokol kesehatan tapi itu tidak membuat terganggunya pelaksanaan Pilkada. Tahapan penetapan pasangan calon juga merupakan salah satu langkah untuk suksesnya pelaksanaan. 

"Namun di OKU Timur kita yakin pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan lancar dan aman,"katanya.

Kegiatan dihadiri Dandim 03/04 OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, Kapolres OKU Timur AKBP Dahlizon, serta perwakilan KPU OKU Timur.

Share

Ads