loader

Delapan Hari Melawan Covid-19, Tenaga Medis RSMH Meninggal Dunia

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Humas RSMH Palembang, Ahmad Suhaimi mengatakan, tenaga medis tersebut sudah menjalani perawatan di RSMH Palembang selama 8 hari sejak terpapar Covid-19.

“Hari ini ada satu lagi tenaga medis kami yang meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19 yang sudah terpapar dalam tubuhnya. Tenaga medis ini dirawat dan diisolasi secara ketat, namun Tuhan berkata lain, dan I Wayan Sukanata meninggal dunia. Ini menjadi duka mendalam untuk kami semua,” terang Suhaimi saat dikonfirmasi, Rabu (23/9/2020).

“I Wayan Sukanata adalah tenaga medis kedua RSMH yang sudah gugur. Karena itu, kami memberikan penghormatan saat melepas jenazah dari RSMH Palembang,” jelasnya.

Suhaimi menerangkan, pihaknya sudah melakukan tracking dan tracing kepada rekan kerja di RSUP Muhammad Hoesin, juga kepada keluarga. “Alhamdulillah keluarga dari I Wayan Sukanata dalam kondisi sehat dan tadi ikut melepas jenazah ke pemakaman,” ungkapnya.

Ia menambahkan, I Wayan Sukanata akan dikebumikan di TPU Nagaswidak, Plaju. Namun karena pasien Covid-19, maka standar prosedur pemakaman tetap dilaksanakan dengan protokol Covid-19.

“Tetap dari tenaga medis yang memakamkannya di pemakaman umum itu, dan standar Covid-19 tetap diberlakukan. Jadi dari RSMH Palembang, jenazah langsung dibawa ke pemakaman,” ujarnya.

Suhaimi menerangkan, RSUP Muhammad Hoesin Palembang saat ini tetap melayani pasien yang terpapar Covid-19 dengan kategori sedang dan berat. Untuk itu, semua tenaga medis yang bertugas di RSMH selalu dibekali dengan APD. Bahkan tenaga medis juga wajib menerapkan standar protokol kesehatan selama bertugas.

“Covid-19 bisa datang darimana saja. Bukan hanya di lingkungan rumah sakit, namun diluar juga. Termasuk I Wayan Sukanata ini, kami belum mendapat informasi darimana asal I Wayan terpapar Covid-19. Tapi memang sangat penting kita semua patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Share

Ads