Berita :: GLOBALPLANET.news

Taman di jalur dua Demporeokan kini tak lagi dihiasi lampu. Baru dipasang lampu taman, sudah hilang dicuri. (Foto: Yayan Darwansyah/ GLOBALPLANET.news)

21 Desember 2017 15:36:56 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Melintas di jalan jalur dua Demporeokan pada malam hari kini tak lagi dapat melihat indahnya taman. Pasalnya, baru saja dipasang, lampu hias taman yang terpasang di tembok agar terlihat rapi dan indah sudah lenyap digondol. Kondisi ini membuat masyarakat simpati lantaran ulah oknum yang tidak bertanggungjawab sehingga menyebabkan taman kembali gelap.

Informasi yang berhasil dihimpun GLOBALPLANET.news, ‎hilangnya lampu taman panjang mencapai puluhan meter. Bahkan, sakelar pengatur lampu juga dirusak Orang Tak Dikenal (OTD). Akibatnya, pada malam hari taman yang indah dengan hiasan lampu taman kini kembali gelap gulita.

Hengky (32), salah satu warga setempat menuturkan, selama ini taman tidak ada lampu hias, sehingga pada malam hari tidak ada daya tarik. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam memasang lampu, sehingga mengubah jalan jalur dua Demporeokan menjadi indah pada malam hari.

"Selama terpasang, taman di tengah jalan sebagai pengaman saluran air terlihat indah dan cantik. Namun, dua hari ini taman gelap gulita karena lampunya sudah hilang," ungkapnya pada wartawan, Kamis (21/12/2017).

Saat ini, lanjutnya, yang tersisa hanya paku kelam yang dipasang untuk menata rapi lampu. Sementara lampunya sudah tidak tahu kemana, padahal cukup panjang dan membutuhkan waktu untuk mengambilnya.

Sementara itu, Putra (29), sangat menyayangkan atas hilangnya lampu hias taman ini. Dengan terpasangnya lampu hias membuat suasana Kota Pagaralam di malam hari berubah drastis. Namun, lantaran hilang dicuri, membuat kawasan sepanjang jalan Kapten Sanap ini tidak cantik lagi.

"Kami sangat menyayangkannya. Apalagi, pemasangan lampu ini untuk kepentingan bersama. Seharusnya, sebagai masyarakat harus bersama-sama menjaga fasilitas umum yang dipasang di lokasi strategis," tegasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas PUPR Kota Pagaralam, Hariadi Razak melalui Bidang (Kabid) Cipta Karya, Indra menyayangkan atas hilangnya lampu hias yang di pasang seperti kabel.

"Kita sudah menerima kabar hilangnya lampu hias di taman jalur dua Demporeokan. Tidak hanya hilang lampu, namun juga saklar untuk mengatur lampu juga dirusak. Padahal, pemasangan lampu hias taman ini untuk mempercantik Kota Pagaralam," tegasnya.

Mengenai kondisi ini, kata Indra, kabel lampu yang masih tersisa akan dipasang di Alun-Alun Merdeka untuk mencegah terjadinya kehilangan. Kemudian, yang hilang akan diganti dan dipasang di lokasi yang tidak mudah dijangkau manusia.

"Untuk di taman jalan Demporeokan akan kembali dipasang lampu taman. Namun, bentuknya tidak seperti yang hilang. Bisa dipasang lampu neon warna-warni atau jenis lainnya sehingga Kota Pagaralam tetap indah dan cantik pada malam hari," tukasnya.

Reporter : Yayan Darwansyah Editor : Hertha Della 959