loader

"Desa Berdaya" Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kelurahan 8 Ilir

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Program ini merupakan program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa melalui pendekatan terintegrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana.

Program Desa Berdaya ini kemudian diresmikan secara langsung oleh Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda pada Kamis (15/10).

“Telkomsel memahami bahwa pandemi COVID-19 turut berdampak bagi sektor ekonomi di Indonesia, tak terkecuali di Sumatera Selatan. Maka dari itu, Telkomsel berkolaborasi bersama berbagai pihak, salah satunya Rumah Zakat, untuk dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Output dari program Desa Berdaya ini diharapkan akan mampu membantu memulihkan perekonomian negeri, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas”, ungkap Manager Branch Palembang, Samsurizal.

Untuk Provinsi Sumsel, Desa tempat program dilaksanakan yaitu Kelurahan 8 Ilir, Ilir Timur III, Palembang. Kelurahan dengan luas 750 hektar ini didiami 22.000 penduduk yang mayoritasnya adalah pedagang.

Selama program berlangsung, masyarkaat Kelurahan Ilir 8 mendapat bantuan pemberdayaan usaha. Bantuan tidak terbatas pada bantuan modal, namun mencakup pelatihan dan pembinaan, pembangunan sarana usaha, pengembangan produk hingga pendampingan usaha selama satu tahun.

Pada kesempatan yang sama, Telkomsel bersama Rumah Zakat serta masyarakat kelurahan 8  Ilir turut membentuk Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) di kelurahan tersebut. BUMMAS ini diharapkan menjadi sebuah media yang menyatukan kekuatan serta asset yang dimiliki masyarakat.

Dengan semangat kolaborasi, BUMMAS ini diharapkan mampu memperkuat pemberdayaan dan kemandirian di Desa Berdaya kelurahan 8 Ilir, agar nantinya taraf ekonomi masyarakat akan meningkat. 

 

Share

Ads