Berita :: GLOBALPLANET.news

Anggota Polsek lembak saat melakukan identifikasi kepada korban (Foto: Ist)

18 Oktober 2020 17:05:30 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET. - Heru Setiawan (35) warga Dusun 3 Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim meregang nyawa usai ditembak oleh pelaku Diki Destian (30) warga yang sama di kawasan perkebunan karet Jalan Pialing Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, Minggu (18/10/2020) sekira pukul 07.30 WIB.

Korban Heru tewas bersimbah darah akibat diterjang peluru pada bagian lehernya, yang dimuntahkan dari senjata api laras panjang jenis senapan angin merk Sharp INNOVA milik tersangka Diki.

Kapolres Muara Enim AKBP Donny Eka Saputra SH SIK MH melalui Kapolsek Lembak Iptu Desi Azhari SH MSi didampingi Kanit Reskrim, Aipda Surmiadi menjelaskan, korban meninggal dunia di lokasi kejadian dan langsung membawa jasad korban ke RSUD Prabumulih, sekira pukul 09.00 WIB untuk divisum.

“Hasil olah TKP dan visum korban meninggal dunia dengan luka tembakan di leher diduga menggunakan senjata api jenis senapan,” kata Kapolsek saat dikonfirmasi, Minggu (18/10/2020).

Tim unit Reskrim Polsek Lembak pun, kata Kapolsek langsung melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Alhasil, tak butuh waktu lama pelaku akhirnya berhasil diamankan saat berada di kediamannya sekitar pukul 09.15 WIB.

Lebih lanjut IPTU Desi mengungkapkan motif pembunuhan yang terjadi di wilayah hukumnya itu. Berdasarkan pengakuan tersangka Diki, ia sering ditantang duel oleh korban, hingga puncaknya terjadi pagi sekira pukul 07.00 WIB. 

Pelaku mendatangi korban di kebun milik korban di lokasi TKP tersebut. Dimana, setibanya di kebun korban, Diki sempat mendapat acungan senjata tajam jenis parang dari korban. Namun, pelaku saat itu langsung menembak korban pada bagian leher sebanyak satu kali dengan senapan angin yang sudah ia bawa sebelumnya dan langsung meninggalkan korban di TKP tersebut.

“Tersangka dan barang buktinya berupa sepucuk senapan angin merk Sharp INNOVA, satu lembar baju yang digunakan oleh korban sudah kita amankan dan tersangka sementara masih menjalani pemeriksaan petugas penyidik di Polsek,” tukas Kapolsek seraya menegaskan pelaku dapat dijerat dengan ancaman pidana penjara Pasal 338 Jo 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana.

Reporter : Hardoko Susanto Editor : Erik Oktasubadra 366