loader

Sosialisasi SAMADE dengan Cara yang Edukatif

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Kepada Globalplanet.news, Rabu (21/10/2020), M Hayat Readi yang akrab disapa dengan panggilan Kaconk mengaku sadar kalau membangun kesadaran untuk berorganisasi di masyarakat luas, termasuk di kalangan petani sawit, memiliki tantangan tersendiri. 

Namun, kata Kaconk, situasi itu seharusnya tidak boleh menyurutkan siapapun, termasuk bagi anggota dan pengurus SAMADE,  untuk mengenalkan SAMADE ke kalangan petani sawit.

"Nah, SAMADE Tapteng punya cara unik dan mudah untuk mengenalkan Asosiasi SAMADE ke petani sawit, yakni dengan membuat kalender yang eye catching atau sedap dipandang mata," ujar Kaconk.

Gambar di kalender yang dibuat SAMADE Tapteng, ujar Kaconk, adalah sejumlah kegiatan SAMADE, baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten. Kalender yang dibuat, kata Kaconk, adalah untuk kebutuhan tahun 2021.

"Misalnya untuk bulan Januari 2021, gambar yang kita muat adalah kegiatan SAMADE saat diundang GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) di Bali beberapa tahun lalu," kata Kaconk.

Sebagai informasi, acara di Bali yang dimaksud oleh Kaconk adalah kegiatan Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) yang digelar oleh GAPKI setiap tahun. IPOC adalah konferensi berkelas internasional yang dihadiri ribuan orang pemangku kepentingan sawit dari berbagai negara.

Untuk IPOC tahun 2017, puluhan petani sawit yang tergabung dalam SAMADE diundang dan difasilitasi keberangkatannya ke Bali. Bahkan di acara itu, sejumlah anggota SAMADE sempat berfoto bersama Presiden Joko Widodo.

Kaconk yang kebetulan punya usaha fotokopi dan percetakan skala mikro mengaku ikhlas mengerjakan pembuatan kalender SAMADE tersebut.  Kata dia, saat ini kalender sedang masuk proses desain secara keseluruhan.

"Namun sepertinya saya tidak bisa mencetak kalender ini dalam jumlah banyak karena keterbatasan dana saya," ujar Kaconk. Ia akan membagikan kalender SAMADE tersebut ke sejumlah petani sawit swadaya di Tapteng.

Nah, bagi para petani sawit anggota SAMADE yang tertarik membantu mendanai pembuatan kalender SAMADE itu, silahkan menghubungi langsung M Hayat Readi alias Kaconk selaku Ketua DPD Asosiasi SAMADE Tapteng.

Share

Ads