loader

Tempat Wisata Viral di Tanjung Sakti Diresmikan, Gratis Bikin Betah

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Tempat wisata yang mengusung konsep agrowisata ini sebetulnya berada di lahan milik tokoh masyarakat setempat yang kini menjabat Wali Kota Palembang H Harnojoyo. Untuk menuju lokasi memang biasanya melewati Kota Pagaralam.

Destinasi wisata terbaru di Sumsel ini telah viral di media sosial sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Tidak jarang di hari - hari libur jalan menuju destinasi di Desa Tanjung Panjang, Tanjung Sakti, Lahat ini macet.

Padahal, agrowisata ini sebelumnya masih dalam penyelesaian penambahan fasilitas dan baru diresmikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Jumat (30/10/2020).

Objek wisata yang diberi nama Agrowisata Tanjung Sakti ini menawarkan keindahan air terjun  lengkap dengan sejuta pesona alamnya berupa hamparan sawah dan derasnya aliran sungai yang nantinya diharapkan akan mampu memikat kedatangan pengunjung terlebih di ojek wisata tersebut dilengkapi dengan spot foto terbaik. 

Selain  menyajikan keindahan alam serta sejuknya udara sekitar akan membuat decak kagum wisatawan. Apalagi letak air terjun Agrowisata Tanjung Sakti ini terbilang mudah dijangkau dan sama sekali tidak dikenakan tarif masuk alias gratis.

“Dampak positif yang kita harapkan dengan dibukanya destinasi wisata ini akan banyak sekali sektor informal yang menjadi hidup, dampaknya juga akan dirasakan oleh kabupaten/kota di sekitarnya seperti  Kota Pagaralam. Kemudian pedagang bermunculan dimana-mana menandakan sumber ekonomi baru tumbuh disini,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru.

Ia juga menyebutkan, saat ini pemerintah tengah fokus mengembangkan destinasi wisata di tiap-tiap wilayah, sehingga diharapkan menjadi tujuan alternatif bagi wisatawan dari berbagai daerah. 

“Saya titip masalah keamanannya diutamakan, sehingga pengunjung merasa nyaman. Nanti untuk souvenirnya bisa kolaborasi antara Lahat dan Pagaralam. Misalnya kopi, tenun, maupun kulinerbya. Kita ingin ini menjadi alat dalam pemulihan ekonomii,” tambahnya.

Tokoh masyarakat Tanjung Sakti H Harnojoyo mengatakan, sebelumnya lokasi Agrowisata Tanjung Sakti merupakan wilayah yang di sisi kanannya terdapat air terjun. Saat masih kecil kerap kali mandi di lokasi itu.

“Ahamdulillah dengan dukungan semua pihak termasuk keluarga. Keindahan alam di tempat ini. Sekarang juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dengan gratis,” katanya. 

Dengan dibukanya objek wisata baru ini, Wali Kota Palembang ini berharap akan banyak pengunjung baik warga lokal atau dari luar daerah khususnya di akhir pekan atau libur nasional.

“Pesonanya yang tak pernah lekang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini, terlebih tidak ada biaya masuk. Akses ke lokasi menuju terbilang tidak sulit, karena bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua dan lokasinya bisa ditemukan dengan mudah melalui google maps,” pungkasnya.

Share

Ads