loader

305 Kades di OKU Timur Ikuti Workshop untuk Tingkatkan Pemahaman Penggunaan Dana Desa

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - HM Kholid Mawardi SSos MSi dan Wabup Fery Antoni

Turut hadir dalam workshop sebagai narasumber yakni Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan Provinsi (BPKP) Sumsel, Tri Handoyo, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sumsel, Tauhid. Anggota Komisi XI Hj, Percha Leanpuri, Bbus, Mba dan Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI Dra. Farida Kurnianingrum, MM. Serta dihadiri pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU Timur Rusman, unsur Forkopimda Pemerintah Daerah OKU Timur serta sejumlah Camat dan Kepala Desa se Kabupaten OKU Timur.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegitan yang diikuti oleh 305 kepala desa dari 20 kecamatan di kabupaten OKU Timur itu mengangkat tema "Pengelolaan Dana Desa Yang Cepat, Tepat dan Terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi covid-19".

Dalam kegiatan itu Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos, MSI, menyambut baik workshop tersebut, guna meningkatkan koordinasi seluruh stakeholder dan evaluasi terhadap pelaksanaan penyaluran serta penggunaan dana desa. Ia juga berharap kegiatan workshop ini dapat memberikan pemahaman kepada kepala desa terhadap penggunaan dana desa, berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Dengan adanya Workshop ini, semoga bisa menambah wawasan dan ilmu untuk kepala desa dan perangkatnya agar bisa lebih baik lagi dalam mengelola keuangan desa di tengah pandemi Covid-19," ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk program kegiatan percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) desa. Pencapaian ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi berskala nasional sesuai kewenangan desa dan program prioritas nasional sesuai kewenangan desa serta adaptasi kebiasaan baru desa.

Selain itu juga, dampak ekonomi akibat pandemi covid-19, tambahnya, Pemkab OKU Timur melalui desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sesuai amanat Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan BLT APBD OKU Timur tahun 2020.

"Berkat dukungan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada kecamatan dan desa, sehingga dalam pelaksanaan penyaluran BLT dana desa dapat berjalan secara cepat, efektif dan tepat sasaran," ujar Kholid.

Kepala Dinas PMD OKU Timur H Rusman, SE, MM, menambahkan bahwa kegiatan workshop ini diselenggarakan oleh BPKP Sumsel sementara, Pemkab OKU Timur melalui Dinas PMD hanya memfasilitasi saja.(ADV)

Share

Ads