loader

Bupati Lahat Ajak Warga Kembangkan TOGA dan Sayuran

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET. - Bahkan tanaman obat dan sayuran sudah beberapa kali panen dan berkembang pada masa pandemi covid-19 ini.

Dikatakan Bunga (30) Ketua PKK Desa Purwaraja, babwa rumah TOGA ini mulai berkembang sejak Agustus 2020 lalu. Dengan menanam sayuran dan obat- obatan keluarga seperti kencur, jahe, ginseng dan lainnya.

"Sebelumnya sudah lama tapi belum begitu maksimal, justru saat pandemi mulai bekembang melibatkan ibu- ibu rumah tangga," ujar Bunga istri Kades Purwaraja, Hadi Tolu, Kamis (12/11/2020)

Untuk kendala saat ini masih minimnya pengetahuan terkait pemberantasan hama menggunakan sistem organik. Lalu upaya pengolahan tanaman TOGA menjadi bubuk atau cair. Ditambahnya bahwa dengan pengembangan rumah toga dan sayuran ini juga sebagai stimulus agar warga desa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat dan sayuran.

"Alhamdulillah ibu- ibu di desa mulai ramai menamam. Sementara untuk hasil panen rumah TOGA dan sayuran juga cepat habis dibeli warga desa," tambahnya.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang SH menegaskan bahwa PKK Kabupaten juga terus menggalakan agar PKK Desa dan Kecamatan agar memanfaatkan pekarangan rumah dan kantor- kantor. Guna mendukung ketahanan pangan serta memiliki tanaman obat keluarga sendiri.

"Kita harap seluruh desa bisa mengembangkan rumah toga dan sayuran ini," sampainya.

Share

Ads