loader

Setelah Kalah Pilpres, Helikopter Mewah Donald Trump Dijual

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Helikopter yang dijual Trump adalah Sikorsky S-76 VIP. Kabarnya helikopter tipe ini umum dimiliki pesohor dan miliarder di Amerika Serikat karena punya performa mantap dan fasilitas mewah.

Diproduksi pada 1989, Donald Trump baru memilikinya pada 2010. Publik Amerika Serikat sudah sangat mengenali helikopter tersebut, bahkan disebut sudah identik dengan trump. Terlebih saat dipakai trup wara-wiri ketika dia melakukan kampanye Pilpres AS tahun 2016.

Jauh sebelum itu, helikopter tersebut sudah sering muncul di televisi dalam acara televisi The Appretice, yang tayang pada 2004 dengan Trump menjadi pengisi acara utamanya. Dalam beberapa scene, Trump diambil gambarnya tengah berada dalam helikopter itu.

Helikopter berkode N76DT (DT merupakan kependekan dari Dondald Trump), itu punya desain interior mewah yang digarap oleh desainer kenamaan Eric Roth. Kabinnya dibuat untuk menampung enam penumpang, termasuk sofa panjang untuk empat orang.

Seluruh jok tersebut dilapisi oleh kulit ecru/almond. Sementara pada sisi tengah terdapat layar yang menunjukkan jalur penerbangan. Layar tersebut berada di dalam sebuah laci yang dibuat dari kayu mahoni Afrika. Sementara di bagian bawah terdapat tempat penyimpanan makanan.

Helikopter ini menggunakan teknologi avionics suite, yang memungkinkan terbang menembus awan pekat.

Makin mewah lagi, helikopter ini memiliki beberapa panel yang terbuat dari emas, yang bisa dilihat pada panel pintu dan kursi.

Tak disebutkan berapa nilai jual helikopter tersebut. Namun pada 2010, CNBC pernah menaksir harganya di kisaran 5-7 juta USD (kisaran Rp 71-99,4 miliar menggunakan kurs hari ini).

Helikopter ini hanya merupakan salah satu kendaraan udara yang dipunya Donald Trump. Masih dikutip dari businessinsider, Trump punya helikopter serupa yang dia simpan di Inggris, dan satu buah helikopter lain.

Selain itu dia juga memiliki sebuah Boeing 757, serta jet pribadi Cessna Citation X. Demikian dikutip dari Detikcom.

Share

Ads