loader

Fraksi Golkar DPRD OKU Timur Minta Pengaturan Pintu Air Diperhatikan

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Demikian Pemandangan Umum Fraksi Partai Golkar OKU Timur melalui Juru Bicara Tedy Karwana, AMd yang disampaikan, dalam membahas dan meneliti APBD OKU Timur Tahun Anggaran 2021 pada Rapat Paripurna ke VIII masa sidang ke I dibuka  Ketua DPRD H Beni Defitson, SIP, MM dan dipimpin Wakil Ketua Ir Hj Juniah MP,  dihadiri Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni, SE, pada Selasa (17/11/2020).

"Fraksi kami Fraksi Partai Golkar meminta bupati dan instansin terkait untuk mengusulkan kepada Menteri PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air (SDA), serta pihak lain agar Pembangunan Jaringan Irigasi Komering (PJIK), tahap selanjutnya diteruskan, karena ini merupakan kunci kesejahteraan ekonomi dan solusi sosial yang menjadi prioritas utama selain keamanan, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Bahkan dapat mengangkat OKU Timur menjadi lumbung dan ketahanan pangan nasional," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kepala Bendungan Irigasi Upper Komering perlu memperhatikan sistem pengaturan pintu air dan pembagian debet air irigasi. Ada kasus di OKU Timur baru-baru, sejumlah petani ikan di daerah Semendawai Suku III, Semendawai Timur, Belitang dan sekitarnya yang mengalami kerugian ratusan ton ikan dan gagal panen yang diakibatkan tingginya luapan air.

"Akibat pintu air arah Komering ditutup dan hanya dialirkan kearah saluran Belitang ditambah curah hujan yang tinggi, hal ini jangan sampai terulang lagi dan menjasi perhatian khusus bagi petugas bendungan irigasi dan instansi pemerimtah terkait," imbuhnya.

Selanjutnya meminta kepada bupati melalui instansi terkait untuk melakukan investigasi terhadap jalan jembatan, gedung sekolah dan pusat pelayanan kesehatan serta fasilitas instansi lainnya khusus yang kondisinya saat ini mengalami rusak berat dan dikhawatirkan akan menimbulkan korban untuk dibangun dan diprioritaskan pada APBD 2021," ujarnya.

Lalu, Kepala Kementerian Agama OKU Timur Untuk meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Agama provinsi dan pusat tentang pelaksanaan keberangkatan haji dimasa pandemi Covid-19, agar jemaah umroh dan haji OKU Timur yang mengalami penundaan mendapatkan prioritas pada pelaksanaan selanjutnya. 

"Fraksi Partai Golkar memberikan apresiasi terhadap Kapolres OKU Timur atas prestasi mengungkap kejahatan dan barang bukti kejahatan semoga dimasa yang akan datang tindak kejahatan dan peredaran narkoba semakin terkendali," jelas dia.

"Kemudian meminta bupati melalui Dinas Sosial dan instansi terkait untuk memperhatikan dana bantuan korban bencana alam, kebakaran dan penyandang cacat serta korban dan penyakit sosial lainnya sehingga estimasi pembiayaan cukup dalam kurun waktu satu tahun," sambung dia.

Fraksi Partai Golkar juga meminta bupati melalui instansi terkait untuk memperhatikan prestasi masyarakat diberbagai bidang yang membawa harum nama pemerintah dan masyarakat dengan memberikan penghargaan berupa tunjangan prestasi untuk motivasi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya dimasa yang akan datang.

Sementara Fraksi Partai Gerindra melalui Juru Bicara Irlan, SE, menyampaikan usulan dan saran, mengharapkan kuwalitas bangunan dipertahankan sehingga OKU Timur semakin baik lagi kedepenannya. Mengharapkan usulan yang telah disampaikan pada pemandangan umum fraksi yang lalu agar direalsisasikan di APBD 2021.

Fraksi PKB melalui Juru Bicara Vindo F Anugrah, SH, menyampaikan saran, rehab jalan penghubung Desa Pandan Jaya sampai Kali Rejo, Kecamatan Madang Suku II. Rehab jalan penghubung desa Banban Rjo sampai Kali Rejo Kecamatan Madang Suku II.

Rehab jalan penghubung Deaa Pelita Jaya sampai Desa Mekar Jaya, Kecamatan Belitang Madang Raya. Penghubung jalan Gumuk Rejo Kecamatan Buay Madang Timur sampai penghubung Madang Suku II. Pengecoran jalan Sri Mulyo Desa Kayu Agung, Madang Suku II. Pembangunan jalan jembatan Desa Senu Marga, Kecamatan Belitang III, sudah mulai  tergerus sungai sehingga tidak bisa dilewati oleh mobil bermuatan berat.

Fraksi Partai NasDem melalui Juru bicara  Denci Hesandri, SE, menyampaikan saran, diantaranya mohon pembangunan jalan cor beton di Desa Labuhan Bantin sepanjang dua kilo meter, lebar lima meter Kecamatan BP Peliung. Dimohon kepada Dinas PU pembangunan jembatan Sungai Burnai di Desa Bungin Jaya dan Sungai Laban di Desa Kota Mulya, Kecamatan Semendawai Timur  yang tekena dampak dari banjir sehingga dua jembatan tersebut putus dan tidak bisa dilewati oleh pejalan kaki.

Fraksi Partai Demokrat melalui Juru bicara Irawan, SE memyampaikan saran diantaranya pembuatan Box Cover  jalan penghubungb Desa Suka Sidomulyon dan Karya Makmur Kecamatan Madang Suku III. Pemasangan kabel listrik dan perbaikan jalan Desa Tanjung Kukuh Dusun 4 (Trans KTM)  karena dari awal berdirinya trans KTM tersebut  sampai sekarang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah  terkhusus untuk air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicara Syamsudin, SE, menyampaikan meminta Dinas Sosial OKU Timur agar melakukan pendataan ulang kemuktahiran data yang lama sudah tidak tepat sasaran, masih banyak warga yang berhak mendapatkan bantuan tetap masih belum terdata. Meminta kepada dinas terkait agar pengusulan maupun tindak lanjut dari proposal bedah rumah yang pernah dapat serta memang kurang mampu.

Fraksi Partai Hanura melalui Jurubicara Serizal,  menyampaikan pandangan umum fraksi, ditengah wabah pamdemi Covid-19, saat ini penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021, pemerintah daerah haruslah mengalokasikan  anggaran yang memadai untuk penanganan wabah  pandemi Covid-19 ,dengan tetap memprioritaskan penangan kesehatan, dampak ekonomi, serta penyedian jaring pengamanan sosial.

Fraksi Keadilan Pembangunan melalui Juru bicara Drs Markum meminta Kepala Dinas Pendidikan  OKU Timur untuk rehabilitas ruang kelasn dan pengadaan mebeluer sekolah yang ada di Kecamatan Cempaka dan membangun Mushola SMP I Cempaka sebagai sarana dan prasarana penung peribadatan. Dinkes untuk dapat merehab Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Gunung Jati Kecamatan Cempaka.

Fraksi PAN-INDO melalui Juru bicara Rinaldi Mansyur, SE, kepada OPD terkait kiranya dapat membangun pintu air dan normalisasi  di Kelurahan Paku Sengkunyit (Dusun Kampung Sawah) mengingat daerah itu selalu terkena banjir. Mohon kepada instansi maupun  OPD terkait untuk dapat mengawasi pembangunan jembatan di Desa Pandan Agung  terhadap jembatan alternatif yang dibuat karena sudah banyak memakan korban akibat jembatan terlalu sempit tanpa ada papan pengaman

Share

Ads