loader

Teh Daun Bidara dan Sambiloto Bisa Tingkatkan Imunitas

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Inovasi Ini dimanfaatkan Tim Penggerak PKK Kecamatan Plaju dalam kompetisi antar Kecamatan di Palembang untuk menciptakan minuman, sehingga berbuah keluar sebagai juara di kompetisi yang berlangsung di Rumah Dinas Wali kota Palembang, Selasa (17/11/2020). 

Kecamatan Plaju berhasil menjuarai inovasi minuman kesehatan dengan mengunggulkan minuman teh celup berbahan daun Bidara dan Sambiloto. 

Jami'ah Perwakilan dari Kecamatan Plaju mengatakan tanaman Bidara dan Sambiloto cukup mudah dalam hal perawatannya, karena untuk ditanam saja cukup dalam pot sehingga sangat praktis untuk di budidayakan di pekarangan/teras rumah. 

"Kita pilih Bidara dan Sambiloto karena sudah tahu bagaimana khasiatnya, sangat baik bagi kesehatan. Tinggal perlu inovasi agar lebih mudah untuk di minum. Salah satunya, dalam bentuk kemasan teh celup ini," kata Jami'ah. 

Untuk cara pembuatan, Jami'ah menjelaskan bahan dari daun Bidara yang sudah dipetik kemudian dicuci bersih, digunting, dijemur, di sangrai dan diblender.

"Terakhir di seduh seperti menyeduh teh. Khasiatnya untuk meningkatkan imun di jaman Covid,-19" singkatnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua 4 TP PKK Kota Palembang Erfiana Umar mengatakan, giat kompetisi antar kecamatan ini dimaksudkan agar para ibu-ibu bisa memanfaatkan tanaman obat yang ada di pekarangan rumah menjadi suatu hal bermanfaat di masa pandemi. 

"Memang setiap tahun ada lomba pemanfaatan Toga. Namun, khusus berbarengan dengan kondisi pandemi, tema yang dipilih minuman yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kita persilakan masing-masing kecamatan membuat inovasi sendiri asalkan mereka juga memahami dan mempunyai referensi untuk membuat minuman bermanfaat untuk imunitas," tutur dia. 

Masih dikatakannya, bahwa setiap Kecamatan dihimbau untuk membuat inovasi sendiri, yaitu berbagai minuman apa yang mereka buat dari Taman Obat Keluarga (Toga), serta menjelaskan bahan apa saja yang digunakan.

"Selain itu, mereka juga harus menjelaskan darimana sumbernya serta manfaatnya. Pokoknya itu minuman herbal yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Apa yang ditampilkan dalam perlombaan ini kita harapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi," katanya.

Bagi pemenang, akan diberikan pendampingan pembuatan izin BPOM, izin dinas kesehatan dan sertifikasi halal dari MUI.  

PKK

Share

Ads