loader

Aplikasi Urundata, Pintu Identifikasi Pemetaan Bentang Alam

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Aplikasi Urundata menggunakan permainan untuk melibatkan masyarakat dalam menafsirkan citra satelit dan mengumpulkan informasi tentang keadaan alam di lapangan.

Ping Yowargana, Koordinator RESTORE dari International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA) mengungkapkan, cara penggunaan aplikasi Urundata yakni pengguna dapat mengambil foto di lokasi titik terdekat yang ditunjukkan oleh aplikasi dengan bantuan GPS.

Kemudian aplikasi akan memberikan sejumlah pertanyaan tentang penjabaran detail lokasi. Apakah termasuk hutan lahan, lahan konservasi, lahan gambut, dan sebagainya.

"Di Provinsi Sumsel ada 2.472 titik Urundata Jelantara yang tersebar. Paling banyak di Kabupaten OKU Timur dan Musi Banyuasin, jadi setelah di unduh melalui Playstore Android Urundata siap dipakai, cara penggunaan nanti akan diarahkan aplikasi, " ungkap Ping dalam peluncuran aplikasi Urundata via Zoom, Rabu (18/11/2020).

Dengan kepraktisannya, Urundata bisa digunakan siapa saja dan dimana saja baik warga masyarakat biasa di Kabupaten, mahasiswa, dan bahkan peneliti.

Pasca pengumpulan data, dan mengisi semua pertanyaan. Nantinya semua data yang terhimpun akan diselaraskan di website urundata.id.

Selain memberikan manfaat bagi peneliti, hasil yang diperoleh dapat membantu pemangku kepentingan/Pemerintah Daerah, sehingga Pemerintah bisa melakukan analisa lebih lanjut aksi restorasi di lokasi tersebut.

"Dua tujuan ini sebenarnya mewakili tujuan yang besar dan kegunaannya berlapis. Tidak hanya membantu siapa saja yang melakukan penelitian tapi juga edukasi pengguna," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan Syafrul Yunardy, menambahkan aplikasi Urundata dapat berkontribusi dalam memenuhi data bentang alam terupdate, misalnya data tutupan lahan dan data degradasi lahan.

"Dengan adanya dukungan penyediaan data melalui Urundata maka kita dapat menyusun perencanaan dan memudahkan pengambilan keputusan. Karena dengan data yang berkualitas akan menghasilkan perencanaan dan keputusan yang berkualitas," ujarnya.

Share

Ads