loader

"Maupau Sua Ngopi", Berikan Gambaran Perkembangan Desa Terkini

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Acara "Maupau Sua Ngopi" bertempat di Balai Desa Negeri Pakuan Kecamatan BP Peliung Kabupaten OKU Timur pada Sabtu (21/11/2020) yang dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Negeri Pakuan, Pahrulrozi dan dipandu oleh moderator Lesi Mareta, SSi. MSi, dosen Itera Lampung.

Ketua Pelaksana Samsul Awaludin, menjelaskan, tujuan dilaksanakannya acara ini selain memperingati hari Sumpah Pemuda juga bertujuan memberikan gambaran pada peserta mengenai perkembangan  desa terkini.

Selain itu, acara ini sebagai wadah diskusi bagi pemuda dan pemudi di  desa untuk berperan aktif dalam kemajuan desa maupun dalam bahasa Komeringnya tiyuh. "Kegiatan ini kita harapkan bermanfaat bagi generasi muda," ungkapnya.

Dodi Purnama, ST, MM mengatakan, selaku narasumber menjelaskan  pemuda dam pemudi Bantan Raya yang sedang memperdalam ilmu di luar daerah hendaknya pulang kembali ke desa untuk menyampaikan ke pengalaman maupun pengetahuan yang didapat kepada masyarakat.

"Pemuda dan pemudi desa harus aktif dalam berorganisasi dan mengorganisir diri dalam lembaga kemasyarakatan desa yang bisa menjadi wadah bagi pemuda untuk berdinamika, menyalurkan ide, berkreasi dalam bidang olahraga, seni budaya, wirausaha, dan pengabdian pada bidang lainnya," beber dia.

Narasumber lainnya, Irlan, SE Anggota DPRD OKU Timur periode 2019-2024 berpendapat pemuda dan pemudi desa dapat berperan untuk mengawasi maupun mengontrol kebijakan dan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa. "Saya berharap pemuda dapat membangun sinergi dengan sesepuh desa dan perangkat desa," tandas dia.

Diakhir acara pemuda dan pemudi desa menyampaikan pernyataan sikap untuk berperan aktif dalam kemajuan desa dan selanjutnya perwakilan pemuda dan pemudi desa menandatangani kesepakatan tersebut untuk dijadikan pedoman dalam pergerakan pemuda dan pemudi desa berperan serta dalam kemajuan desa maupun tiyuh.

Share

Ads