loader

Pastikan Pilkada Siap, KPU OKU Timur Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Simulasi dilaksanakan  dari pencoblosan, penghitungan, dan penandatanganan berita acara dilakukan dengan menetapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Dalam simulasi itu, warga yang datang menggunakan hak pilih diatur sedemikian rupa oleh petugas sesuai protokol kesehatan dan diwajibkan mencuci tangan serta memakai masker.

Pantauan di lokasi simulasi,  sebelum masuk ke TPS pemilih terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun oleh petugas. Pemilih yang masuk di dalam TPS memakai sarung tangan plastik yang sudah disiapkan serta dibatasi delapan orang dan disiapkan tempat duduk berjarak.

Seluruh petugas KPPS menggunakan masker dan sarung tangan plastik, bilik suara diberi jarak sekitar satu meter serta disiapkan bilik suara khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya diatas 38 derajat Celcius.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI, melalui Komisoner  Divisi Teknis Penyelenggara, Sunarto, pada Minggu (22/11/2020)  mengungkapkan, simulasi dilakukan untuk mengetahui kesiapan petugas dalam melaksanakan pemungutan suara di TPS dan memberi pemahaman kepada warga terkait tata cara pemungutan suara dimasa pandemi covid-19.

"Tata cara pemungutan suara sama  pada Pemilu sebelumnya, hanya ada tambahan tentang penerapan protokol kesehatan karena pandemi covid-19, diantaranya pemilih harus memakai masker dan sarung tangan plastik serta jaga jarak,"jelasnya.

Warga yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya harus mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak membawa masker, petugas KPPS sudah menyiapkan masker termasuk sarung tangan plastik.

"Warga jangan takut datang ke TPS. Kita sudah siapkan seluruhnya sesuai dengan protokol kesehatan. Area TPS pun akan disemprot disinfektan secara berkala,"imbuhnya.

Pada simulasi ini juga, petugas akan menggunakan aplikasi Sirekap maupun e-Rekap untuk melakukan penghitungan suara sebagai pembanding penghitungan suara secara manual.

Kegiatan simulasi yang dilakukan di TPS 2 di Desa Sukomulyo merupakan salah satu agenda KPU secara Nasional dan dilaksanakan serentak. "Pada 9 Desember 2020 kita melaksanakan pemungutan suara dengan menggunakan protokol kesehatan,"imbuhnya.

Share

Ads