Berita :: GLOBALPLANET.news

Geladi Tugas Tempur. (Foto: Andika Pratama)

23 November 2020 12:23:40 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Pangkalan Laut (Lanal) Palembang menunjukan kemampuan terbaik dengan menurunkan pasukan dan sejumlah peralatan TNI Angkatan Laut dalam Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Uji Pangkalan Tingkat I/I dan P-2). Pada Senin (23/11/20) pagi.

Giat gladi tempur digelar dihadapan Tim Uji Petik Komando Laitihan (Kolat) Koarmada. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari kedepan sejak hari ini dan besok.

Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari SE CTMP melalui Perwira Pelaksana (Palaksa) Letkol Laut James Sagala mengatakan Gladi Tugas Tempur yang dilaksanakan prajurit di Pangkalan TNI AL Palembang ini, dimaksudkan untuk melihat dan mengukur sampai sejauh mana pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan prajurit dalam melaksanakan tugas pokoknya

"Dengan peralatan yang ada hari ini seluruh personel Lanal Palembang ikut terlibat dalam uji terampil. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kesiapan prajurit jika memang akan melaksanakan tempur yang sesungguhnya," katanya usai membuka apel Gladi Tugas Tempur di Mako Lanal Palembang Senin (23/11/2020). 

Dikatakan James, secara mendadak negara atau pangkalan TNI AL diserang oleh musuh seluruh prajurit sudah siap menghadapinya. 

"Setiap saat, prajurit maupun peralatan kita harus siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi baik operasi militer selain perang dan operasi militer untuk perang. Dan sekecil apa pun ancaman terhadap negara kita siap menghadapinya," bebernya. 

Dalam Gladi Tugas Tempur ini, prajurit Lanal Palembang melaksanakan simulasi perang dari laut, darat maupun udara yang diawasi langsung oleh Tim Kolat Koarmada I. 

"Dengan latihan dapat diketahui bahwa prajurit yang di daerah pun tetap mempersiapkan diri sebaik baiknya dalam menghadapi segala kejadian yang mungkin akan terjadi," bebernya. 

Sedangkan dalam Gladi Tugas Tempur ini dilaksanakan uji manuver lapangan berupa drill komunikasi, kecakapan bahari, PBB, PDD, TUM, menembak, renang militer, evakuasi medis laut, bongkar pasang senjata, peran anti sabotase, pertahanan pangkalan, PEK dan Evakuasi Media Darat.

Reporter : Andika Pratama Editor : Erik Oktasubadra 225