loader

PMI Kabupaten/Kota Diminta Aktif Berikan Layanan Pemeriksaan Darah

Foto

PRABUMULIH, GLOBALPLANET.news - "Keguanaan kartu golongan darah  tersebut untuk memudahkan masyarakat saat dibutuhkan transfusi darah. PMI harus aktif memberikan sosialisasi pada masyarakat. PMI tidak identik dengan kegiatan donor darah saja namun juga harus aktif dengan kegiatan sosial lainnya,” Ketua PMI Sumsel Hj. Febrita Lustia HD.

Selain itupula, Feby juga menegaskan PMI Kabupaten/Kota untuk segera mendata pendonor darah dari kalangan masyarakat. Data  pendonor ini harus ada dan sangat penting untuk memudahkan petugas dalam memberikan layanan bagi warga yang membutuhkan darah dengan cepat.

"Saya minta PMI kota Prabumulih dan kabupaten/kota lainnya agar memiliki data  warga  yang rutin mendonorkan darahnya lewat PMI. Data ini juga  untuk memudahkan  petugas dari PMI dalam menyalurkan darah bagi yang membutuhkan transfusi darah yang cepat. Sehingga  di saat-saat genting dapat menghubungi si pendonor," Kata Ketua PMI Sumsel Hj. Febrita Lustia HD.

Lebih lanjut Feby menambahkan, Indonesia saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19. Selain itu sejumlah daerah di Sumsel dalam musim penghujan yang dampaknya wajib diwaspadai. PMI harus siaga mengantisipasi  kemungkinan terjadinya bencana baik banjir, tanah longsor atau bencana alam lainnya.

"Khusus untuk memutus mata rantai penyebaran corona. PMI harus  berbuat, sosialisasikan protokol kesehatan pada masyarakat dengan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan secara rutin dengan sabun air mengalir serta tetap disiplin dan menjaga jarak,” imbuhnya.

Kepada jajaran pengurus PMI kota Prabumulih yang baru dilantik, Feby menyampaikan agar para pengurus dapat bekerja dengan ikhlas sesuai amanah yang tertuang dalam 7 prinsip dasar PMI dan bulan sabit Internasional.

Sementara itu, Ketua PMI kota Prabumulih Suryanti Ngesti Rahayu Ridho mengatakan dirinya bersama jajaran optimis dapat menjalankan roda organissi dan tugas-tugas kemanusiaan PMI dengan baik.

"Pelantikan ini baik pengurus PMI, dewan kehormatan PMI, dan pengurus markas PMI kota Prabumulih semoga bisa menjadi awal yang baik dalam mengemban tugas dengan semangat kerja yang menggelora,” ujarnya.

Dilanjutkannya, 7 prinsip dasar PMI dan bulan sabit Internasional menjadi acuan bersama dalam mengembangkan gerakan PMI sekaligus menumbuhkan jiwa kesukarelawanan dan kemanusiaan. Menurutnya jiwa kesukarelawanan terus diasah dapat melahirkan calon relawan masa depan yang dapat menjalankan tugas kemanusiaan.

"Anggota PMI harus siap berperan aktif bersama relawan PMI dalam menjalankan tugas-tugasnya,” katanya.

PMI

Share

Ads