loader

KPU PALI Temukan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak

Foto

PALI, GLOBALPLANET.news - Proses penyortiran dan pelipatan surat suara telah dilakukan sejak Selasa (24/11/2020) lalu di Gudang Logistik KPU PALI dengan pengawasan ketat pihak keamanan 

"Bentuk kerusakan itu berupa terlipatnya surat suara saat pencetakan membuat surat suara terlihat tintanya mengotori gambar Paslon dan tulisan yang ada kurang jelas. Kalau yang robek tidak ada. Surat suara yang rusak kita kumpulkan dan dihitung," ujar Ketua KPU PALI, Sunario, Rabu (25/11/2020).

Dikatakan Sunario, pihaknya telah menemukan 969 lembar surat suara yang rusak. Jumlah tersebut diprediksi bakal bertambah mengingat proses penyortiran dan pelipatan masih berlangsung.

"Hasil kegiatan sortir dan lipat surat suara tanggal 24 november 2020 kemarin, surat suara yang dilipat ada 26.962 lembar, surat suara rusak 969 lembar, surat suara kurang 69 lembar. Total surat suara 28.000 dari 14 box," terangnya.

Direncanakan pelipatan surat suara akan rampung pada Kamis (26/11/2020). Dimana proses penyortiran dan pelipatan dilakukan siang sampai malam hari. 

"Satu hari lagi selesai, untuk surat suara rusak kita akan rekap dan kembalikan ke pihak percetakan untuk selanjutnya dicetak ulang agar jumlah surat suara tidak berkurang sesuai jumlah DPT ditambah 2,5 persen dari DPT per TPS," pungkasnya

Share

Ads