loader

BPOM: Proses Produksi Makanan Harus Tetap Memperhartikan Kehigienisan

Foto

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Hal itu ditegaskan nara sumber dari BPOM Palembang, Arah Nurfahmi. Ia mengatakan, kehigienisan makanan harus terjaga sehingga aman dan layak untuk dikonsumsi.

“Penting sekali kehigienisan makanan, supaya bermanfaat dan berguna bagi tubuh. Makanya, perlu dijaga hal itu,” pesannya kepada peserta penyuluhan kegiatan program KIA Keamanan Pangan.

Tidak kehigienisan saja, akunya makanan dikonsumsi juga demikian pula kebersihannya. Karena, kalau sudah terkontaminasi bakteri.

“Itulah menimbulkan penyakit dan dampak lain, hingga bisa memicu keracunan pada manusia. Jangan sampai itu terjadi,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH melalui Kasi Kesling dan Kerja Olahraga, Brahyadi mengatakan, kegiatan ini diikuti 200 orang.

“Di samping masyarakat, lalu pihak Rutan Kelas IIB, dan lain-lainnya,” tukasnya.

Kegiatan ini kata dia, dalam rangka Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang keamanan pangan. “Kita mengundang BPOM, untuk memberikan penyuluhan keamanan makanan masyarakat. Dan, dari Kemenag tentang sertifikasi halal dan lainnya,” bebernya.

Penekanannya, kata dia, bahan makanan dan proses produksinya benar-benar harus diperhatikan. Sehingga, tidak memberikan dampak dan efek samping negatif kepada pengkonsumsinya.

“Produk makanan atau ketahanan pangan, untuk menghindari kejadian luar biasa. Seperti keracunan, dan gangguan kesehatan serta lainnya,” tutupnya.

Share

Ads