loader

Kopi Toraja dan Mandailing Populer di Negeri K-Pop

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET. - Selain kemitraan bilateral, hal lain yang turut membuat hubungan kedua negara semakin akrab kemitraan multilateral yang melibatkan kedua negara, seperti kemitraan antara Korea Selatan dengan organisasi regional di kawasan Asia Tenggara, yakni ASEAN.

Korea Selatan diketahui memiliki kebijakan khusus bagi ASEAN yang disebut dengan New Southern Policy (NSP). Kebijakan ini diluncurkan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada November tahun 2017 lalu.

Setelah tiga tahun berlalu, kebijakan tersebut berhasil memperkuat hubungan Korea Selatan dengan ASEAN, termasuk juga Indonesia. Hal itu diutarakan oleh Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN Lim Sung Nam dalam pidatonya di acara International Webinar bertajuk "ASEAN-Korea Cooperation Upgrade, Focusing on the New Southern Policy".

Lim menjelaskan bahwa NSP selama tiga tahun belakangan berhasil meletakkan dasar yang signifikan bagi kemitraan ASEAN dan Korea Selatan.

"Indonesia merupakan pusat dari NSP yang diluncurkan oleh Presiden Moon Jae In pada tahun 2017 lalu. Sejak saat itu, hubungan kedua negara semakin dekat di banyak area," jelas Lim.

Kedekatan tersebut tidak hanya bisa dilihat dalam tataran pemerintah dan bisnis, namun juga pada masyarakat.

"Saya berikan satu contoh, saat masyarakat Indonesia menggemari K-Pop, K-Drama, di sisi lain Kopi dari Indonesia juga sangat populer di Korea, seperti kopi Toraja dan Mandailing," ujarnya dilansir dari RMOL.id.

Share

Ads