loader

Berharga Hingga Puluhan Juta Rupiah, Ikan Gabus Hias Makin Diminati

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Namun kini, ikan air tawar itu makin digemari sebagai ikan hias. Harganya pun dinilai cukup tinggi, bahkan menyentuh puluhan juta rupiah. Tingginya harga ikan gabus hias didasari banyak faktor, salah satunya semakin banyaknya pehobi yang memelihara.

Ketua Komunitas Palembang Snakehead Keeper, Andra, mengatakan, ikan yang merupakan kerabat ikan gabus ini bisa dijadikan ikan hias karena warnanya yang bagus.

"Ada banyak jenis ikan Channa yang bisa dijadikan ikan hias total 48, tapi di Indonesia hanya 15 jenis diantaranya Maruliodes, Pulchra, Ultra, Auranti yang berasal dari India dan lain-lain. Khusus jenis Maruliodes bisa ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Kebanyakan masih dari tangkapan alam jadi masih sulit di budidaya," ungkap Andra saat dijumpai ketika pameran Channa hias di kawasan Sriwalk Jalan H M Noerdin Pandji, Minggu (29/11/2020).

Pria yang sudah memelihara ikan Channa/gabus hias sejak tahun 2015 ini mengaku, tak hanya menjadi peliharaan, ikan Channa juga menjadi potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Bayangkan saja harga bibit ikan Channa di banderol mulai dari Rp100 ribu untuk anakan hingga Rp20 juta untuk ukuran ikan Channa dewasa.

"Yang bikin harganya mahal tentu saja size (ukuran) dan ada corak bunga di sisik badan ikan. Jenis maruliodes bisa tumbuh sampai 1 meter dan harganya jutaan rupiah," ujarnya. 

Berdiri sejak tahun 2018, Komunitas nya kini telah memiliki banyak pemain ikan Channa. "Karena perawatannya mudah sekarang sudah banyak yang minat. Bahkan ketika pandemi yang beli channa cukup ramai," pungkasnya. 

 

Share

Ads