loader

Panwascam dan Operator se-OKU Timur Diberi Bimtek Siswalu

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gupron, SE, melalui Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Benny Tenagus, menjelaskan, Siwaslu merupakan sebuah sistem pengawasan Pemilu. Sisten tersebut digunakan dalam pengawasan masa tenang, hari pemungutan, penghitungan hingga rekapitulasi suara.

Perangkat ini, kata Benny, digunakan sebagai sarana informasi dalam pengawasan proses dan hasil pemungutan, penghitungan suara serta penetapan hasil Pemilu. "Siwaslu ini sangat baik untuk mengontrol hasil pengawasan secara berjenjang sesuai fakta-fakta lapangan. Melalui Siwaslu  pengawas TPS akan melaporkan hasil pengawasannya secara online," kata dia, Senin (30/11/2020).

Dengan ada Siwaslu, Bawaslu Kabupaten OKU Timur dapat memeriksa hasil laporan dan menilai ada atau tidaknya dugaan pelanggaran berdasarkan laporan online pengawas TPS.

“Dalam tempo dekat kami akan mensosialisasikan kepada jajaran pengawas tingkat desa dan TPS. Kami tetap mengajak masyarakat bersama-sama untuk mengawasi tahapan demi tahapan Pilkada OKU Timur 2020," terangnya.

Share

Ads