Berita :: GLOBALPLANET.news

Penanaman Pohon di JSC oleh ForDAS Sumsel dan PT PLN UIWS2JB (Foto: Rachmad Kurniawan).

19 Desember 2020 13:58:28 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Forum Daerah Aliran Sungai (ForDAS) Sumatera Selatan bersama PLN UIWS2JB dan Komunitas sepeda melakukan penanaman ratusan pohon di Kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Sabtu (19/12/2020). 

Ketua Forum DAS Sumsel, Dr Syafrul Yunardy, mengatakan, penanaman pohon dilakukan sebagai langkah untuk menjaga alam dan memberikan kesejukan. 

"Hari ini kami menanam 600 pohon, 300 diantaranya di tanam di JSC oleh para komunitas sepeda. Sisanya dibawa sendiri kami berikan agar bisa ditanam di fasum-fasum dan taman," ungkap Syafrul usai penanaman pohon bersama Komunitas sepeda, PLN UIWS2JB, dan Pemprov Sumsel. 

Setelah penanaman, lanjut Syafrul pohon akan dirawat dan dipantau perkembangannya selama kurang lebih satu tahun. Pada kesempatan ini ForDAS Sumsel membagikan bibit pohon buah dan tanaman hutan. 

"Kami ada yang namanya aplikasi Open Data Keep, jadi tanaman yang ditanam ketika di foto akan keliatan titik koordinat dan terbaca di google map kita bisa melihat perkembangan dan dimana tanaman itu berada, " jelasnya. 

Menurutnya saat ini tantangan bagi DAS di Sumsel adalah persoalan hulu Sungai Musi yang mengalami pendangkalan dan kualitas/warna air sungai. Di sisi hulu masih kekurangan jumlah pohon yang mampu menyerap air. 

Bagian hulu perlu diperbaiki dengan menambah tanaman sehingga air bisa mengalir tidak terlalu cepat mengalir sehingga mencegah erosi. 

"Sungai Musi punya 8 anak sungai di Sumsel, kita bisa lihat sehabis hujan air anak sungai ketika sampai hilir berubah warna dikarenakan membawa tanah yang berada di hulu. Peran pohon dibutuhkan disini untuk menahan air. Ketika kemarau tidak kekeringan dan hujan tidak kehujanan. Walaupun hutan kita masih lebih dari 35 persen tetapi kondisi perlu perbaiki, " tuturnya. 

Pihaknya bersama ForDAS di daerah akan fokus penanaman pohon ke daerah penyangga sungai di Kabupaten/Kota Sumsel. "Kami ingin mengajak daerah lain lebih banyak menanam pohon hutan di daerah hulu sehingga bisa berperan di profuktivitas daerah hilirnya, " tutupnya. 

Sementara General Manager PT PLN UIWS2JB Daryono mengatakan, kegiatan penghijauan ini bertujuan agar kelestarian pohon dan aliran sungai terjaga. 

"Kami bersinergi dengan ForDAS Sumsel untuk menanamkan kepedulian lingkungan. Semoga pohon-pohon yang ditanam dapat tumbuh dan dirawat dengan baik," katanya. 

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : amarullah 132