loader

Polres OKU Timur Raih Zona Integritas WBK

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Penganugerahan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi maupun  yang biasa di singkat dengan WBK pada 2020 diikuti sebanyak 3.691 unit kerja layanan dari 70 kementerian/lembaga, 20 pemerintah provinsi, dan 161 pemerintah kabupaten/kota yang diusulkan dalam zona integritas (ZI), Sebanyak 3.691 unit kerja layanan dari 70 kementerian/lembaga, 20 pemerintah provinsi, dan 161 pemerintah kabupaten/kota yang diusulkan dalam zona integritas (ZI).

Penyerahan predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Kegiatan ini sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas.

Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme. Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Dari 3.691 unit kerja tersebut, 2.570 unit kerja berhasil lolos ke tahapan evaluasi Polres OKU Timur juga termasuk di dalamnya. Setelah melewati rangkaian proses evaluasi terpilihlah 763 unit kerja dengan rincian 681 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBK dan 82 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBBM. Dari 681 unit kerja pelayanan yang di tetapkan sebagai WBK 5 diantaranya merupaka Satker Polda Sumsel yaitu Biro SDM Polda Sumsel, Polres Banyuasin, Polres Musi Banyuasin, Polres Ogan Komering Ilir (OKI), dan Polres Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur)

Kementrian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi resmi memberikan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kepada Polres OKU Timur pada tanggal 21 Desember 2020 melalui Zoom Metting yang dilaksanakan di Aula Polres OKU Timur dan dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, S.I.K., M.H.

Polres OKU Timur berhasil mendapat Predikat WBK setelah dinyatakan memnuhi syarat dan berhasil lolos dari semua tahapan evaluasi yang dilaksanakan. Adapun tahapan yang dilalui diantaranya, tahap seleksi internal, tahap seleksi pendahuluan, desk evaluation  tahap survey online, evaluasi lapangan,  Clearance   Rapat Panel

Terpilihnya Polres OKU Timur sebagai Wilayah Bebas Korupsi juga didukung dengan pembuktian berhasilnya Polres OKU Timur sebagai Polres yang Bebas dari KKN, Bebas Calo, dan pelayanan prima yang diberikan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Tidak sampai disitu Polres OKU Timur juga memiliki inovasi-inovasi yang bertujuan untuk melayani dan mempermudah masyarakat tentunya tanpa dipungut biaya, beberapa inovasi tersebut adalah Polisi Hadirkan Pelayanan Di Hari Libur (SIHALUAN), Sidik Jari On School (SOS), Binmas Pioner, Bhabinkamtibmas Pelopor Cegah Kejahatan, SKCK Ingin Ada Di Sekolah Anda (Sinadoda), dan Polisi Peduli Pendidikan Anak (SIPENA).

WBK

Share

Ads