loader

Antisipasi Kecelakaan Seluruh Kapal Penumpang di Danau Toba Diperiksa

Foto

SIMALUNGUN, GLOBALPLANET. - Pemeriksaan secara intensif ini dilakukan Dit Polairud Polda Sumut, Rabu (23/12/2020), untuk memastikan kesiapan para pemangku kepentingan layanan transportasi di Danau Toba dalam rangka libur Hari Raya Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 1 Januari 2021.

"Keselamatan penumpang itu prioritas utama dalam pelayaran, untuk itu saya meminta agar seluruh nahkoda dan ABK (anak buah kapal) memerhatikan hal itu," ujar Dir Polairud Polda Sumut Kombes Pol. Roy HM Sihombing SIK.

Hal itu disampaikannya Polsek Simanindo, Kabupaten Samosir seusai mengecek seluruh kapal yang bersandar di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun. 

Sebagai informasi, Samosir dan Simalungun. adalah kabupaten yang bertetangga dan hanya dipisahkan oleh Danau Toba.

Ia menyebutkan himbauan agar mengutamakan keselamatan penumpang harus menjadi sikap utama para pengusaha atau pemilik kapal penumpang.

"Keselamatan penumpang itu prioritas utama dalam pelayaran, untuk itu saya meminta agar memperhatikan hal itu," ujar Kombes Roy Sihombing. 

Ia tidak menampik kalau faktor alam juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan kapal penumpang. 

"Ada beberapa faktor terjadinya kecelakaan di air, misalnya yang berkaitan dengan cuaca, kelayakan kapal, dan motoris itu sendiri, yang semuanya itu harus kita antisipasi," tegas Roy.

Share

Ads