loader

Pemerintah, Pertamina dan Masyarakat Bersatu Menuju Proklim Lestari 2021

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Plaju tersebut dihadiri Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan masyarakat binaan CSR RU III Plaju belum lama ini.

Saat ini, Perubahan iklim yang cukup terasa adalah kenaikan suhu di Kota Palembang. Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sumatera Selatan (BMKG) menunjukkan kenaikan suhu minimum dari tahun 1977 hingga 2017 sebesar sebesar 1,5°C, peningkatan suhu udara rata-rata harian sebesar 1,3°C, dan peningkatan suhu udara maksimum sebesar 1,2°C. 

Salah satu penyebabnya adalah minimnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Palembang. Data Walhi Sumatera Selatan menunjukkan hanya ada ±3.801 Ha dari ±12.018 Ha luasan normal RTH menurut UU No. 26 Tahun 2007. Hal tersebut berpengaruh pada minimnya tutupan lahan hijau perkotaan. Untuk itu, diperlukan upaya sinergis antar aktor dalam menangani permasalahan iklim.

Rakor ini menitikberatkan pada pembahasan tentang materi Program Kampung Iklim (Proklim) yang disampaikan Teti, perwakilan Balai Pengendalian Perubahan Iklim Sumatera Selatan. Proklim sendiri merupakan salah satu program penanganan terkait perubahan iklim yang terjadi saat ini. Program ini diselenggarakan sebagai sarana mitigasi maupun adaptasi terhadap dampak perubahan iklim tersebut. 

"Dalam Kampung Iklim Lestari, ada beberapa indikator yang menjadi tolok ukur seperti penguatan kelembagaan, pengkayaan diversifikasi keanekaragaman hayati, dan memiliki 10 lokasi binaan," jelas Teti. 

Selain itu, diperlukan rasa kecintaan terhadap lingkungan. Ketika sudah ada kecintaan, dengan ada atau tidak adanya penghargaan siapapun aktornya akan senantiasa melakukan. Mengingat keberlangsungan iklim ini adalah untuk generasi mendatang yang merasakan manfaatnya. 

Menyambung dari hal tersebut, Wilman, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumatera Selatan menyatakan, "Bahwasanya kami siap mendukung tercapainya hal-hal atau program khususnya penanganan masalah lingkungan di masyarakat. Untuk itu, kami sampaikan perlunya dukungan dari OPD dan dinas terkait saling bersinergi bersama." 

Share

Ads