loader

Tahun Ini Pemerintah Buka Formasi CPNS dan PPPK, Ini 3 Formasi yang Direkrut

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET.news - "Jadwal perekrutannya masih akan kami bicarakan dengan instansi pembina jabatan fungsional dan panitia seleksi nasional," ujar Deputi bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko, dilansir dari Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Dalam seleksi kali ini, terdapat tiga formasi yang direkrut yakni profesi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis seperti teknologi informasi dan komunikasi, infrastruktur permukiman dan sanitasi, transportasi, energi, dan air bersih. 

Khusus untuk profesi guru, Teguh mengatakan, tahun ini sebanyak 1 juta tenaga akan diseleksi melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

"Sudah direncanakan akan merekrut satu juta guru melalui skema PPPK untuk menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yg saat ini diisi oleh tenaga honorer. Artinya sementara waktu, dalam jangka pendek kita selesaikan dulu masalah ini," ujar dia.

Namun, lanjut Teguh, tak menutup kemungkinan tahun berikutnya, formasi guru akan kembali dibuka penyeleksiannya melalui jalur CPNS. "Dalam jangka panjang kita akan buka kembali CPNS guru pada tahun selanjutnya," tandas dia.

Share

Ads