loader

Pemprov Sumut Bangun Food Estate di Kawasan Tabagsel

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET. - Berbarengan dengan itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) juga membangun food estate, khususnya di kawasan Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel). "Akan ada ratusan hektar food estate yang akan dibangun oleh Pemprov Sumut sesuai arahan Pak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan Sumut, Nazli, dalam sebuah acara di JW Marriott, Selasa (12/1/2021).

Kata Nazli, food estate yang akan dibangun di Tabagsel adalah perkebunan kopi berlokasi di kawasan perhutanan sosial. Dengan demikian, hal ini akan membutuhkan surat persetujuan dari Kementerian Kehutanan.

Nazli tidak merinci food estate perkebunan kopi tersebut. Namun dari informasi yang berhasil dihimpun globalplanet.news, food estate kopi itu seluas 250 hektar, terdiri dari satu hamparan seluas 200 ha di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) seluas 200 ha dan di Kecamatan Ulu Pinggir, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) seluas 5 ha.

Sejauh ini, yang berhasil dibuka lahan hutan sosial untuk food estate kopi itu yakni 3 ha di Sipirok dan 5 ha di Ulu Punggut. Food estate kopi itu nantinya akan dikelola oleh kelompok tani (Poktan) sesuai peruntukan hutan sosial yang telah ditetapkan peraturan.

Share

Ads