Berita :: GLOBALPLANET.news

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh Astin Tri Saputra MSi. (Foto : Ferry Andika)

13 Januari 2021 16:24:13 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET. - Musim penghujan tengah menyelimuti Bumi Seganti Setungguan. Selain rawan bencana alam yang kemungkinan terjadi, rupanya musim penghujan juga dapat mengancam hewan peliharaan jenis unggas.

Masyarakat yang memiliki peliharaan hewan jenis unggas diminta waspada terhadap penyakit yang bisa menyerang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir Otong Heriadi MSi melalui Kabid Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh Astin Tri Saputra MSi mengatakan, pada musim penghujan pemilik unggas diharapkan waspada terhadap bakteri maupun penyakit, seperti berak kapur, flu pada ayam dan lainnya yang dapat menyerang, dikarenakan biasa terjadinya kelembaban pada  kandang ayam saat musim penghujan.

"Membunuh secara banyak itu tidak, karena tidak menular, biasanya dalam satu kandang itu bisa meningal satu dua unggas," kata Astin saat diwawancarai, Rabu (13/1/2020). 

Untuk mengantisipasi penyakit tersebut disarankan agar masyarakat dapat menjaga kebersihan dan melakukan penyemprotan desinfektan di kandang unggas. 

"Biasanya masyarakat datang untuk meminta desinfektan, karena kita sediakan kalau ada yang minta dan diberikan secara gratis," sampainya.

Reporter : Ferry Andika Editor : Erik Oktasubadra 97