loader

Jadi Daerah Penerima Vaksin Tahap Pertama, Ini Persiapan Kabupaten OKI

Foto

OKI, GLOBALPLANET.news - Agar distribusi dan proses vaksinasi berjalan lancar, berbagai persiapan dilakukan Pemkab OKI bersama unsur FKPD.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, SKM, M.Kes menyampaikan, pada tahap pertama Kabupaten OKI menerima 6.400 dosis/vial vaksin jenis sinovac yang diprioritaskan bagi 3.202 tenaga kesehatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Kita mulai melaksanakan vaksin perdana pada Senin (18/1/2021) depan. Bapak Bupati dan Forkopimda sebagai penerima vaksin pertama, diikuti oleh tenaga kesehatan di tahap pertama ini,” ungkap Iwan, Rabu (13/1/2021).

Dilaksanakannya vaksinasi pada Senin depan, jelas Iwan, karena saat ini pihaknya sedang melakukan pelatihan bagi 185 vaksinator yang akan disebar di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan.

“Karena sedang dilakukan pelatihan bagi vaksinator vaksin, agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik,” terang dia.

Dijelaskan Iwan, sejumlah persiapan telah dilakukan Pemkab OKI untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 di OKI, antara lain Pemkab OKI menyiagakan 2 rumah sakit, 36 Puskesmas, 2 klinik TNI/Polri, 185 vaksinator terlatih, 36 vaksin refrigator dan 437 cool pack.

Selain itu, jajaran TNI dan Polri siap mengawal distribusi Covid-19 hingga ke fasilitas kesehatan.

Hal ini terungkap pada rakor kesiapan distribusi vaksin di OKI, bertempat di Mapolres OKI, Selasa (12/1/2021) kemarin.

“Bersama TNI/Polri, kami memastikan pelaksanaan distribusi vaksinasi Covid-19 di OKI berjalan dengan lancar dan aman,” ungkap Kapolres OKI AKBP. Alamsyah Pelupessy.

Meskipun proses vaksinisasi segera dimulai, tambah dia, masyarakat diimbau untuk tetap menerapakan protokol kesehatan secara ketat melalui 3M + 3T, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan serta testing, tracing dan treatment. “Dengan begitu, pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir," katanya.

Share

Ads