Berita :: GLOBALPLANET.news

Usulan seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Air Sugihan pada acara Musrenbang. (Foto: Eko Jurianto)

14 Januari 2021 20:31:03 WIB

OKI, GLOBALPLANET. - Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih memadai bagi masyarakat di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pembangunan rumah sakit pratama menjadi usulan prioritas utama bagi masyarakat di wilayah pesisir tersebut.

"Pembangunan rumah sakit pratama merupakan prioritas usulan bagi masyarakat di Kecamatan Air Sugihan, agar masyarakat disini dapat mendapatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang lebih memadai," ujar Camat Air Sugihan, Hadi Oktarisman, SSTP, M.Si, menyampaikan usulan seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Air Sugihan, pada acara Musrenbang Kecamatan di aula kantor Camat Air Sugihan, Kamis (14/1/2021).

Kemudian usulan prioritas lainnya yakni, jalan poros desa, pembangunan jembatan, normalisasi sungai dan lain sebaginya.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar, SE, yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten OKI, Makruf CM melalui Kabid Ekonomi Bappeda OKI, Ismail, dalam kata sambutanya mengatakan, sesuai dengan amanat UU RI nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, UU RI nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Peraturan Mendagri nomor 86 tahun 2018 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana kerja pemerintah daerah, serta perda nomor 3 tahun 2019-2024.

"Terwujudnya masyarakat OKI yang lebih maju mandiri dan sejahtera berlandaskan iman dan taqwa. Berdasarkan regulasi tersebut dan demi keberlangsungan serta keberlanjutan pembangunan nasional dan daerah, maka Pemkab OKI setiap tahun menyusun RKPD sebagai penjabaran RPJMD Kabupaten OKI tahun 2019 - 2024," katanya.

Penyusunan RKPD tersebut harus melalui suatu proses pada setiap tingkat pemerintah dan harus melibatkan komponen masyarakat (stake holders), sehingga program pemerintah dan aspirasi masyarakat dapat diakomodir dalam perencanaan pembangunan.

Berbagai upaya pemerintah Kab OKI melalui berbagai program pembangunan untuk mewujudkan kondisi daerah yang lebih baik, telah memberikan hasil yang positif dalam berbagai kehidupan masyarakat.

Namun demikian, masih terdapat kendala yang harus segera diatasi, seperti kondisi infrastruktur yang belum baik, masih terdapat kondisi jalan yang dalam kondisi rusak, masih adanya masyarakat yang belum menikmati listrik, serta belum seluruh masyarakat mendapat akses air bersih.

Disamping itu masih masih dirasakan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang belum maksimal seta permasalahan kemiskinan

Dalam upaya mengatasi berbagai kondisi tersebut, tidak mungkin dapat dilakukan hanya oleh Pemkab OKI, tetapi juga harus melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pelaku pembangunan

Untuk meningkatkan sinergitas seluruh potensi pembangunan maka diperlukan perencanaan pembangunan sebagai pedoman bagi seluruh pihak-pihak terkait dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dalam kurun waktu satu tahun kedepan

Program yang dihasilkan dalam Musrenbang kecamatan ini hendaknya merupakan program prioritas kebutuhan masyarakat yang kemudian akan disinkronisasikan serta diintegrasikan dengan program OPD dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD kab OKI dalam forum Musrenbang RKPD kabupaten yang akan datang.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Erik Oktasubadra 225